Scroll to Top

Menganalisa Penyakit dari Kondisi di Rongga Mulut

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 11 Sep 2013

mulut

Keluhan yang Anda rasakan di area rongga mulut belum tentu sepenuhnya disebabkan oleh masalah di tempat tersebut. Keluhan di rongga mulut bisa pula menjadi gejala adanya  masalah lain pada bagian tubuh lain. Menganalisa penyakit dari tanda-tanda di rongga mulut ini disebut pula toothology. Toothology adalah sebuah metode kuno di bidang kedokteran gigi yang membantu memeriksa kesehatan keseluruhan seseorang melalui warna, testur, dan keadaan umum gigi.

Beberapa keadaan di rongga mulut yang menjadi gejala keluhan lain pada tubuh di antaranya adalah:

  1. Nyeri di gigi geraham atas. Kemungkinan jika tidak ditemukan masalah pada gigi, penyebabnya bisa karena sinusitis. Hal tersebut terjadi saat rongga udara maksilaris dalam tulang pipi mengalami peradangan karena infeksi. Letaknya memang berada di atas gigi geraham. Peradangan pada sinus menibulkan tekanan ke akar gigi geraham dan menimbulkan rasa sakit.
  2. Gigi sensitif. Penyebabnya kemungkinan karena rongga mulut terlalu asam. Zat asam bisa memenuhi rongga mulut  akibat naiknya asam di perut ke arah kerongkongan, lalu berakhir di mulut. Kejadian ini disebut pula refluks asam. Asam yang kena gigi dapat mengikis enamel dan memunculkan keluhan gigi sensitif. Konsumsi makanan sehat dan hindari makan beberapa saat sebelum tidur untuk mencegah refluks.
  3. Gingivitis. Ini adalah bentuk ringan dari penyakit gusi dengan munculnya rada gusi. Hal ini biasa muncu pada wanita yang sedang hamil. Jika wanita hamil mengalami masalah gusi sebaiknya segera menghubungi dokter agar secepatnya diatasi. Pasalnya, masalah gusi meningkatkan risiko bayi lahir prematur dan memiliki berat badan rendah. Waspadai juga jika mengalami infeksi gigi yang merusak jaringan lunak dan tulang yang mendukung gigi atau periodontitis.
  4. Gigi tampak terkikis atau datar. Penyebabnya dimungkinkan karena stres. Stres yang tinggi membuat gigi gemeretak selama tidur. Dalam jangka panjang, gemeretak gigi bisa membuat gigi datar, rahang nyeri, kelelahan otot pipi, sakit kepala, hingga sakit telinga. Oleh karena itu, lakukan kontrol yang baik terhadap rasa stres yang Anda alami.
  5. Sariawan. Ketika sistem kekebalan tubuh sedang menurun, munculnya sariawan menjadi salah satu pertanda. Namun jika sariawan tidak juga sembuh dan bertambah banyak, bisa jadi menjadi tanda kanker mulut atau tenggorokan.
  6. Mulut kering. Orang yang mengalami diabetes kerap mendapati tanda ini. Tapi bisa pula, mulut kering terjadi karena dehidrasi. Jika mulut kering tidak juga hilang setelah mengonsumsi cairan secara cukup, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda