Scroll to Top

Telkomsel Uji Coba 4G LTE di Bali

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 11 Sep 2013

4G LTE

Telkomsel, mulai 11 September 2013 atau hari ini menggelar live trial atau uji coba 4G LTE di Bali. Test ini akan diakhiri pada bulan Desember nanti. Diharapkan, pada perhelatan KTT APEC di Bali 1 – Oktober 2013 mendatang, tamu negara bisa menjajal teknologi termutakhir ini.

Teknologi Long Term Evolution (LTE) saat ini hanya baru diimplementasikan di 81 negara oleh 213 operator di seluruh dunia. Soal kecepatan, empat kali lipat hingga akses 3G. Kondisi ini mendesak operator untuk lakukan modernisasi jaringan serta infrastruktur.

Telkomsel dalam uji cobanya lakukan di pita 1.800 MHz selebar 5 MHz. Sebab, ekosistem LTE di pita tersebut secara global telah terbentuk. Sedangkan dalam KTT APEC nanti setidaknya ada empat negara yang telah lakukan perjanjian internasional roaming LTE. Sehingga, anggota delegasi mereka sudah bisa nikmati komunikasi data.

Menurut Abdus Somad Arief, Direktur Network Telkomsel mengatakan bila proyek LTE di APEC berhasil ia berharap regulator mempercepat implementasinya di Indonesia. Telkomsel sendiri telah siapkan 39 unit BTS LTE dan 5.000 USIM (Simcard LTE) untuk delegasi, tamu, dan peserta KTT yang lain yang ingin menikmati layanan Internet berkecepatan tinggi.

Dalam satu BTS LTE di KTT APEC mampu melayani sekitar 300 pelanggan atau 30 Mbps akses data. Selain itu tak kurang dari 175 BTS 2G dan 3G yang baru telah dibangun untuk melayani KTT APEC  dan 320 BTS di-upgrade serta dioptimasi.

Smartphone di Indonesia sendiri tumbuh 170 persen dalam dua tahun terakhir. Sedangkan untuk trafik internet (data) naik rata-rata 100 persen dan bahkan 300 persen di kota-kota besar. Ini membuat operator di Indonesia harus siap implementasikan teknologi LTE. Dan Telkomsel sudah melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda