Scroll to Top

Insiyur Inggris Pecahkan Rekor Menara Domino Tertinggi di Dunia

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 11 Sep 2013

Menara Domino

Seorang insinyur asal Bristol, Inggris berhasil pecahkan menara domino tertinggi di dunia. Ia mampu bukukan rekor baru di ketinggian 5,275 meter.

Apa yang dilakukannya sungguh tak mudah. Tahukah Anda jika Tom Holmes, si insinyur tersebut habiskan waktu hingga 7,5 jam untuk menyusun 2.688 keping domino.

Namun Tom Holmes tidak lakukan hal itu sendirian. Ia ditemani oleh sebuah program komputer. Sebuah program yang membatunya menyusun sebuah ‘pola’ agar susunan domino tidak ambruk di ketinggian tertentu.

Hasilnya pun cukup memuaskan. Ia akhirnya berhasil mematahkan rekor sebelumnya dengan 20 cm lebih tinggi. Bahkan, tinggi menara domino ini melebihi bis double decker.

“Kami terus mencari solusi untuk memecahkan masalah, itulah tugas seorang insinyur,” terang Tom Holmes.

Ia mengaku senang bisa pecahkan rekor tersebut. Tom Holmes pun mengaku tertantang untuk lakukan pemecahan rekor-rekor lain.

Menara Domino 2

Meski habiskan waktu tujuh jam untuk menyusun menara domino ini, Tom Holmes sejatinya habiskan berbulan-bulan untuk perencanaan. Ia dibantu rekannya, Roland Trim, seorang rekan desainer di perusahan konsultan Arup.

“Berbekal logika sederhana, kita bisa mulai merancang struktur kompleks yang akan mampu mencapai ketinggian yang besar dan berdiri sendiri ,” ujar Roland Trim.

Kini keduanya menatap sebuah rekor baru. Baik Tom dan Roland telah canangan target. Mereka ingin membangun menara domino setinggi 6 meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda