Scroll to Top

Twitter Akuisisi Layanan Mobile Ads MoPub, Disiapkan untuk Iklan Otomatis

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 11 Sep 2013

Twitter iPhone

Twitter telah lakukan akuisisi pada layanan periklanan mobile MoPub. Akuisisi ini dilakukan sebagai tambahan amunisi untuk fitur iklan di layanan mobile mereka. Lantas, apa kelebihan dari MoPub?

Selain Facebook, Twitter juga getol lakukan monetisasi layanannya. Meski tidak miliki jumlah pengguna sedahsyat FB, jutaan pengguna Twitter cukup potensial untuk hadirkan pundi-pundi pemasukan dari iklan.

MoPub sendiri selama ini bergerak di layanan iklan mobile. Layanannya memang hanya fokus pada industri ads di lingkungan device ‘bergerak’. Berapa angka akuisisi yang terjadi?

Keduanya tidak sebutkan detail pasti. Namun dari bocoran sumber terdekat kesepakatan yang ada di harga USD 350 juta. Jika dirupiahkan sekitar 3,9 triliun.

Nah MoPub sendiri diklaim miliki layanan serupa dengan DoubleClick yang dimiliki Google. Layanan ini miliki kemampuan ‘melacak’ iklan secara real-time. Lantas apa yang dilacak?

Iklan Google dikenal mampu hadirkan ads sesuai dengan kata kunci yang terdeteksi. Diyakini MoPub juga miliki kemampuan serupa. Mereka mampu hadirkan iklan sesuai keyword yang ada. Ini yang disebut ‘iklan secara otomatis’.

Jim Payne CEO MoPub mengaku puas akan proses akuisisi ini. Terlebih MoPub akan ditanamkan ke platform mobile Twitter. Memang layanan mereka akan disuntikkan di aplikasi Twitter di iOS dan Android.

Jika dibandingkan dengan kompetitor lain, Google masih merajai pangsa pasar pengiklan. Perusahaan itu menguasai tak kurang 53,17 persen. Facebook di posisi ke-2 dengan 16 persen. Sedangkan Twitter hanya 1,85 persen saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda