Scroll to Top

Pria Bertestis Kecil Cenderung Terlibat Mengasuh Anak

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 11 Sep 2013

ayah anak

Pria yang memiliki testis berukuran kecil dinilai lebih aktif untuk membantu mengurusi keperluan anak. Contohnya menyuapi makan, mengganti celana, sampai memandikan bayi. Kebalikan dari itu, pria yang memiliki ukuran testis besar, mereka cenderung lebih suka dengan banyak anak namun tidak mau repot dalam mengasuh anak mereka. Demikian menurut studi dari Universitas Emory di AS seperti dikutip BBC.

Pada studi ini, peneliti melibatkan 70 pria yang telah menjadi ayah. Mereka memiliki anak yang berusia satu sampai dua tahun. Peneliti mencoba mencari kaitan pengaruh ukuran testis dengan sifat alami seorang ayah dan difokuskan pada seluruh relawan yang terlibat. Para pria selanjutnya dipindai memakai MRI sembari diperlihatkan sejumlah foto anak mereka.

Hasilnya, berdasarkan hasil MRI, ada perbedaan tiga kali lipat antara pria bertestis kecil dan besar dalam urusan kemauan mengurusi anak. Pria bertestis besar diketahui kurang peduli ikut serta mengasuh anak. Sebaliknya, pria bertestis kecil memberikan reaksi lebih banyak untuk terlibat langsung membantu mengurusi anak mereka.

“Penelitian itu menunjukkan sejumlah pria cenderung untuk lebih memperhatikan dibandingkan pria lainnya,” kata Dr James Rilling, salah seorang peneliti.

Studi ini turut melibatkan faktor buadaya dalam mengurus anak. Studi diterbitkan di Proceedings of the National Academy of Science.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda