Scroll to Top

Pria Tidak Suka Jika Penghasilan Pasangannya Lebih Besar

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 11 Sep 2013

wanita dan uang

Masalah keuangan kerap menjadi masalah dalam sebuah hubungan. Salah satu hal yang memicunya yaitu tingkat pendapatan yang berbeda antara pria dan wanita. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology mengungkapkan, para pria kurang suka jika istri maupun pacar mereka memiliki penghasilan yang lebih tinggi dari dirinya. Demikian dikutip dari Genius Bauty.

Ketika penghasilan pria jauh lebih rendah dibanding pasangannya, ada rasa tidak nyaman yang dirasakannya. Pria cenderung bermain hati. Mereka segera mengevaluasi diri sendiri dan mempertanyakan prestasi buruknya akibat tidak mampu memberikan hasil bekerja yang lebih tinggi.

Sebaliknya bagi wanita, perbedaan penghasilan sebenarnya tidak terlalu bermasalah. Baik lebih tinggi maupun lebih rendah dari pasangannya, wanita lebih cenderung bisa menikmati penghasilannya tanpa terpengaruh oleh apapun.

Studi melibatkan 856 orang. Mereka ditanyai tentang penghasilan pasangan dan pengaruhnya. Rata-rata pria yang terlibat mengatakan mereka sangat benci jika istri atau pacar lebih banyak memiliki uang dari dirinya.

Peneliti mengatakan, ketika urusan keuangan tidak ada kebijakan yang jelas di antara pasangan, maka ada kesan yang dimunculkan dalam benak pria. Pria secara otomatis menafsirkan keberhasilan pasangannya dalam mendapatkan penghasilan lebih besar, sebagai bentuk kekalahan dirinya untuk mengusahakan keadaan ekonomi yang lebih baik dalam hubungan.

Sementara itu dalam studi lain ditemukan, kebencian pria terhadap besarnya penghasilan pasangannya juga disebabkan oleh sifat pasangan mereka yang mendadak berubah. Pasangan menjadi cenderung meremehkan kondisi suaminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda