Scroll to Top

Twitter Dihuni 20 Juta Akun Palsu

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 12 Sep 2013

Twitter

Telah jadi rahasia umum jika Twitter dihuni oleh jutaan akun palsu. Menurut data The State of Twitter 2013 yang dirilis Dashburts, Twitter miliki sekitar 20 juta akun palsu yang ‘bergentayangan’ di linimasa.

Data yang ada jika menilik fakta yang beredar memang bukanlah isapan jempol belaka. Tahukah Anda jika bisnis akun palsu Twitter bernilai jutaan dolar?

Lantas siapakah konsumen dan pelanggan utama dari bisnis ini? Rata-rata mereka adalah selebritis, brand, atau tokoh tertentu. Bahkan Twitter SBY diduga miliki 35% follower palsu.

Untuk jumlah follower palsu terbanyak masih dipegang oleh Lady Gaga. Diyakini ia miliki 34% pengikut palsu di Twitter. Barack Obama pun juga miliki pengikut palsu. Prosentasenya di angka 29%.

Pertanyaannya kemudian, untuk apa mereka manfaatkan ini? Ditengarai jutaan follower palsu di Twitter diyakini bakal mendongkrak popularitas selebriti dan politisi. Untuk tarifnya sendiri beragam. Beberapa situs follower instan ada yang mematok USD 5 per 1.000 pengikut fake.

Ada tiga dugaan kuat untuk merujuk ke akun Twitter palsu. Pertama akun palsu tidak miliki pengikut sama sekali. Kedua, akun palsu tak berkicau sama sekali. Dan terakhir, akun palsu adalah akun pasif, akunnya real namun tak aktif.

Kembali ke data Dashburts di The State of Twitter 2013, menurut grafik yang dirilis situs tersebut, Twitter telah mengirim sekitar 170 miliar kicauan. Sedangkan untuk jumlah active users bulanan di angka 200 juta pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda