Scroll to Top

FB Kini Tampilkan Ukuran Iklan Jauh Lebih Besar dari Sebelumnya

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 12 Sep 2013

Facebook

Mungkin banyak pengguna yang tidak menyadarinya. Sejak Selasa lalu, FB telah ubah desain tampilan iklan mereka. Jejaring sosial populer ini kini tampilkan ukuran iklan jauh lebih besar daripada sebelumnya.

Bahkan ukuran yang ada hampir 3,5 kali lebih besar dari ukuran terdahulu. Dengan demikian akan nampak perbedaan yang cukup kentara antara postingan asli pengguna dengan pesan selipan sponsor.

Perhatikan perbedaan iklan lama dan iklan baru Facebook di bawah ini:

Iklan FB Baru

Facebook sendiri sudah lakukan rencana ini sejak bulan lalu hanya saja baru diaplikasikan pada Selasa pekan ini. Sedangkan pihak pengiklan pun telah mengetahui perubahan ini sejak bulan itu pula.

Meski ukuran iklan telah berubah – justru kian besar – namun Facebook tidak naikkan harga tarif iklan. Jubir Facebook berujar jika harga iklan tetap menyesuaikan pada tarif sebelumnya.

Facebook selain menambah ukuran iklan juga menyeragamkan bentuk iklan untuk versi mobile dan desktop. Dengan langkah ini berarti pihak pengiklan tak perlu repot untuk membuat iklan di versi yang berbeda.

Iklan memang jadi pemasukan utama Facebook selain sektor lainnya. Sebut saja game online. Namun untuk urusan pendapatan Facebook masih kalah dengan Google sebagai rajanya.

Google masih merajai pangsa pasar iklan dengan menguasai tak kurang 53,17 persen. Facebook sendiri hanya di posisi ke-2 dengan 16 persen. Sedangkan Twitter hanya di angka 1,85 persen saja.

Beberapa waktu lalu Facebook sempat putuskan untuk menunda iklan video 15 detik di News Feed. Khawatir mendapat respon negatif pengguna, iklan ini urung di-launching. Padahal pemasukan dari iklan ini luar biasa besar, capai USD 1 juta hingga USD 2,5 juta per harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda