Scroll to Top

Adata Resmi Umumkan Memori RAM DDR4 Besutannya

By Ditya / Published on Thursday, 12 Sep 2013
Samsung DDR4
Samsung DDR4

Setelah beberapa waktu lalu Samsung mengumumkan kehadiran memori RAM (Random Access Memory), kini giliran Adata Technology yang secara resmi mengumumkan kehadiran memori RAM DDR4 besutannya. Adata sendiri adalah salah satu pemasok modul memori terbesar di dunia.

Seperti yang kita ketahui, memori RAM jenis DDR4 (Double Data Rate 4) adalah generasi penerus dari memori RAM jenis DDR3 yang saat ini digunakan oleh mayoritas desktop, notebook, server, dan workstation. Kehadiran memori DDR4 ini akan membidik pasar server terlebih dahulu.

“Target untuk pasar server dan juga aplikasi render farm, modul DDR4 generasi baru menunjukkan bahwa ADATA sekali lagi berada di depan dalam hal memberikan solusi performa tinggi baru untuk pasar enterprise,” pernyataan resmi dari Adata saat memperkenalkan memori DDR4.

Apa sebenarnya kelebihan teknologi memori RAM DDR4 jika dibandingkan dengan jenis DDR3? Jelas, DDR4 mampu menghasilkan performa yang lebih cepat dengan konsumsi daya yang lebih rendah, yakni dengan VDDQ 1,2V dan mampu menghasilkan performa hingga 3,2GT/s (Gigatransfer per detik).

Tak hanya menawarkan kecepatan tinggi dan konsumsi daya yang rendah, memori DDR4 ini juga memungkinkan kapasitas yang memori yang lebih tinggi dalam sebuah modul memori. Hal ini dapat diwujudkan berkat dukungan teknologi yang disebut dengan through-silicon-via (TSV) yang memungkinkan untuk meningkatkan kapasitas chip.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (11/09/2013), proses penetapan standar memori DDR4 DRAM (Dynamic Random Access Memory) ini bisa dibilang berjalan cukup lambat karena pelbagai kendala yang yang terjadi.

Memori RAM jenis DDR4 ini diperkirakan mulai memasuki pasar server pada tahun 2014 mendatang dan pasar desktop pada tahun 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda