Scroll to Top

Dhaqabo Ebba: Berusia 160 Tahun, Warga Ethiopia Ini Klaim Sebagai Manusia Paling Tua di Dunia

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 12 Sep 2013
Dhaqabo Ebba
Dhaqabo Ebba

Seorang warga Ethiopia, Dhaqabo Ebba menklaim sebagai manusia paling tua di dunia. Ia mengaku berusia 160 tahun. Meski tak ada akta kelahiran yang kuatkan alibinya, namun ia masih ingat invasi Italia ke negerinya pada tahun 1895 silam.

Invasi yang terjadi pada abad ke-19 itu ia ceritakan secara detail. Dalam sebuah pernyataan di sebuah stasiun televisi, ia beberkan segala peristiwa pada kurun waktu tersebut pada pewarta Mohammed Ademo, jurnalis Oromiya TV.

“Ketika Italia menyerbu Ethiopia aku punya dua istri, dan anak saya sudah cukup umur untuk kawanan ternak,” ujarnya.

The Huffington Post menulis jika Dhaqabo Ebba sepertinya dibesarkan pada zaman masyarakat lisan. Sebab, tidak ada bukti kuat yang mendukung berupa berkas untuk memverifikasi usianya.

Jeanne Calment
Jeanne Calment

Namun jika pengakuannya benar maka ia akan menggusur rekor milik Misao Okawa asal Jepang yang telah diakui Guinness World Records sebagai manusia paling tua di dunia. Ia berusia 115 tahun.

Dhaqabo Ebba juga bakal lampaui rekor milik Jeanne Calment wanita asal Perancis sebagai orang paling tua yang pernah hidup. Ia sendiri meninggal pada tahun 1997 di usia 122 tahun.

Sementara itu manusia terakhir yang pernah hidup di abad ke-19 diyakini adalah Jiroemon Kimura. Ia lahir di Jepang pada tanggal 19 April 1897. Ia meninggal pada bulan Juni tahun ini di usia 116 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda