Scroll to Top

Social Media Festival 2011: Pesta Akbar Komunitas Media Sosial – Hari 3

By Melissa / Published on Sunday, 25 Sep 2011

Hari ketiga ini adalah hari terakhir Social Media Festival 2011. Setelah animo luar biasa di hari pertama dan kesuksesan di hari kedua, hari ketiga merupakan puncak dari festival media sosial pertama di Asia Tenggara ini.

Seperti dua hari sebelumnya, rangkaian acara masih berupa talkshow, workshop, games, live music performance dan pameran komunitas di berbagai booth.

Di lantai f1, Internet Sehat mengadakan talkshow yang dipandu oleh Onno W. Purbo dan Vidi Aldiano dengan tema “Etika Online Berinternet”. Selain talkshow, Internet Sehat juga membagi-bagikan berbagai hadiah dengan hadiah utama Acer Iconia Tab.

Berikutnya ada workshop yang dibawakan oleh Google. Pembicara workshop ini sangat spesial, yaitu Andrew McGlinchey yang menjabat sebagai Product Manager Google South East Asia. Beliau berbicara banyak mengenai Google Maps dan pengaplikasiannya melalui media sosial oleh Indonesia Berkebun.

Selain menjelaskan bagaimana cara menggunakan Google Maps secara maksimal, Andrew juga membuka sesi tanya jawab yang langsung disambut dengan antusias oleh para penonton. Mereka banyak bertanya mengenai produk Google yang lain seperti Google Plus.

Talkshow selanjutnya diadakan oleh 1000 Gitar Untuk Anak Indonesia yang dibawakan oleh berbagai gitaris terkenal seperti Pongky (Jikustik – The Dance Company), Baim (The Dance Company), Dewa Budjana (Gigi), Piyu (Padi), Baron, Sansan (Peewee Gaskins) dan Adib Hidayat dari majalah Rolling Stone Indonesia.

Lebih dari 20 gitaris ternama di Indonesia ikut ambil bagian dari gerakan ini. Mereka membagikan gitar akustik kepada anak-anak kurang mampu yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia seperti yang berada di panti asuhan, pesantren, penjara anak-anak, dll.  Mereka berharap gerakan ini dapat menjadi pemicu semangat dan menginspirasi anak Indonesia dalam bermusik.

Booth komunitas pun dipadati oleh pengunjung yang melakukan kopdar sesama anggota maupun pengunjung lain yang baru berkenalan dengan aktivitas dari komunitas tersebut.

Di lantai f7 ada pameran foto oleh komunitas Kufoto, Ayofoto dan KeluaRumah.

Salah satu acara yang cukup menyedot perhatian pengunjung adalah Mata Najwa Off-air dari Metro TV yang dipandu oleh Najwa Shihab dan Fitri Tropika. Keunikan dari acara ini adalah para pengunjung diminta untuk menjadi presenter yang mewawancarai Fitri Tropika. Pemenang utama akan mendapatkan hadiah berupa Blackberry Playbook.

Menjelang malam, fX semakin dipadati pengunjung yang rata-rata menunggu penampilan penyanyi favorit mereka di acara penutupan Social Media Festival 2011.

Dibawakan oleh MC @miund dan @solehsolihun, acara puncak malam ini dibuka oleh penampilan akustik dari Piyu. Ia juga mengumumkan perubahan username Twitter-nya, @piyupadi, menjadi @piyu_logy sehubungan dengan proyek album solonya. Namun Piyu menegaskan bahwa dirinya tetap merupakan bagian dari band Padi.

Setelah penampilan dari Piyu, tibalah giliran Vidi Aldiano unjuk kebolehan. Semua penonton yang sebagian besar anak muda langsung menyanyi bersama setelah melihat aksi panggung Vidi yang atraktif.

Dalam acara ini diumumkan pula pemenang penghargaan bidang media sosial. Beberapa diantaranya adalah Vidi Aldiano sebagai artis pria dengan jumlah followers terbanyak, Sherina Munaf sebagai artis wanita dengan jumlah followers terbanyak dan NTMC Polri sebagai instansi negara yang aktif menggunakan media sosial.

Selain itu ditampilkan pula statistik pengguna media sosial di Indonesia yang dibawakan oleh Enda Nasution dari salingsilang.com.

Artis yang paling ditunggu-tunggu oleh penonton malam ini adalah Smash Band. Kemunculan mereka langsung disambut dengan teriakan histeris para pengunjung wanita yang mulai memadati bagian depan panggung.

Selain para artis dan band terkenal, para atlit SEA Games Indonesia 2011 pun turut meramaikan acara Social Media Festival 2011.

Respons para pengunjung yang luar biasa menunjukkan bahwa media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Berbagai komunitas yang tercipta dari bermacam-macam individu dengan visi dan misi positif telah membuktikan bahwa media sosial berperan besar sebagai penunjang kebersamaan warga Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda