Scroll to Top

Penyebab Munculnya Bisul Bernanah

By C Novita / Published on Thursday, 12 Sep 2013

bisul

Bisul sering kali diderita oleh anak-anak, walau tak tertutup kemungkinan orang dewasa pun mengalaminya. Bisul memang bukan termasuk penyakit berbahaya, namun munculnya bisul, apalagi ditempat yang terbuka, akan sangat mengganggu.

Penderitaan itu akan lebih buruk lagi bila bisul yang timbul termasuk jenis bisul bernanah. Jadi, sebenarnya bagaimana bisul bisa timbul, apalagi sampai menjadi bisul bernanah?

Bisul terjadi akibat kurang higienisnya lingkungan dan gaya hidup seseorang. Ini menyebabkan kuman dan bakteri banyak menempel di permukaan kulit, dan masuk ke dalam pori kulit. Alhasil, muncul peradangan dan menjadi bisul.

Diungkap oleh dr. Abraham Arimuko, Sp.KK. peradangan tersebut lantas mengeluarkan kotoran dan merusak jaringan kulit hingga muncul nanah dan membengkak.

Dokter yang bertugas di RSPAD Gatot Soebroto itu menambahkan bahwa jaringan kulit yang rusak dan menyebabkan nanah itulah yang membuat bisul menjadi parah, serta memakan waktu beberapa hari untuk penyembuhannya.

Dilansir dari laman Health.detik, seseorang yang hidup di lingkungan kurang bersih memiliki kemungkinan menderita bisul apabila daya tahan tubuhnya sedang menurun. Juga diakibatkan karena adanya luka kecil di permukaan kulit yang semula dianggap ringan.

Untuk mempercepat penyembuhan bisul, disarankan agar penderita tak terlalu sering memegang atau bahkan memencet bisul tersebut. Tindakan itu malah akan menyebabkan proses penyembuhan bertambah lama.

Jadi bila Anda sedang mengalami bisul, perbanyak makan makanan bergizi, dan lebih memperhatikan kebersihan lingkungan dan diri, ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda