restoran

Baru saja kasus Solaria, sebuah jaringan restoran yang terkenal, diketahui belum miliki sertifikat halal, kini ada berita lain yang beredar bahwa ada 7 restoran besar dan terkenal lain yang juga belum miliki sertifikat halal.

Dilansir oleh laman Detik, fakta tersebut terungkap dalam sebuah konferensi pers yang diadakan pada gedung MUI 04/09/13 lalu. Direktur LPPOM MUI Ir. Lukmanul Hakim M.Si mengatakannya pada media guna klarifikasi lebih lanjut tentang berbagai isu yang beredar di masyarakat.

“Nama-nama restoran yang beredar lewat BBM itu memang belum bersertifikat halal. Kami tidak menjamin kehalalannya,” ungkap beliau.

Adapun nama-nama restoran terkenal lain yang belum memiliki sertifikat halal adalah: Solaria, J.Co Donuts & Coffee, Breadtalk, Rotiboy, Papa Ron’s Pizza, Baskin-Robbins, The Coffee Bean & Tea Leaf, dan Starbucks.

Walau manajemen restoran tersebut mengklaim bahwa produk mereka halal, tetapi bukti berupa sertifikasi yang menegaskan bahwa proses pengolahan, materi yang digunakan, dan lainnya adalah halal, belum ada.

Dan itu memang bisa menimbulkan keraguan bagi konsumen muslim. Bagaimanapun hak konsumen haruslah diperhatikan. Tak adil rasanya jika konsumen yang memberikan keuntungan pada mereka, haknya tak dianggap.

Memang LPPOM MUI tak punya hak untuk memaksa restoran-restoran tersebut membuat sertifikasi halal, jadi konsumen memang sebaiknya pandai-pandai memilih restoran mana yang baik bagi mereka.