Scroll to Top

6 Tips Agar Rumah Tangga Lebih Dinamis

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 12 Sep 2013

masak bersama

Kehidupan rumah tangga zaman sekarang mungkin terlihat lebih kompleks. Rutinitas harian kerap menimbulkan stres yang emosinya terbawa sampai ke rumah. Walhasil suasana rumah menjadi kurang bersahabat. Begitu pula dengan istri yang melakukan  pekerjaan rumah tangga harian. Mereka bisa bosan dengan rutinitas itu dan berujung pada kelelahan fisik. Berbagai problematika ini jika tidak diatasi bisa memudarkan cinta dan kehidupan terasa jalan di tempat.

Dikutip dari Times of India, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kehidupan rumah tangga berjalan lebih dinamis:

  1. Buang jauh masalah dan stres begitu akan tidur malam. Jika Anda memiliki rasa kurang suka atau sedikit kemarahan pada pasangan, sebaiknya redam semuanya begitu beranjak untuk tidur malam. Anda dan dia harus sama-sama memahami hal tersebut. Sehingga, ketika Anda berdua bangun keesokan hari, sudah tidak ada lagi perasaan dendam atau kecewa pada pasangan. Kalau perlu lakukan ritual mengatakan permintaan maaf pada pasangan setiap malam sekalipun saat itu tidak ada masalah. Kadang hal-hal kecil yang tidak mengenakkan  dipendam oleh pasangan tanpa pernah dia ungkapkan.
  2. Sesekali tidak mengapa masing-masing berlibur sendirian. Anda dan dia tidak ada salahnya mengambil liburan sendiri tanpa ditemani pasangan. Dia mungkin pergi sendiri bersama keluarga besarnya atau teman-teman bermainnya, sementara Anda di rumah. Anda berdua kadang perlu waktu sendiri (me time) untuk tidak selalu pergi bersama.
  3. Tidak ada salahnya pengaturan uang keluarganya tidak dijadikan satu rekening. Kompleksnya biaya hidup yang ada sekarang membuat banyak pasangan merasa perlu membuat rekening bank beberapa buah. Ini bukan sebagai bentuk ketidakpercayaan pada pasangan. Namun, hal tersebut membantu mengontrol penggunaan uang keluarga.
  4.  Pasangan tidak perlu harus selalu menemani belanja. Terutama bagi pria, mereka sangat jenuh bila harus menemani istrinya belanja ini-itu. Pria tidak suka waktu mereka terbuang percuma hanya untuk melihat barang di etalase. Oleh karena itu, meninggalkan pasangan pria di rumah dan mengajak saudara atau teman wanita sebagai teman belanja mungkin jalan terbaik. Toh, acara belanja jadi lebih seru buat para wanita.
  5. Jangan mengharapkan istri akan memasak atau bersi-bersih rumah setiap hari. Perlu dipahami, mengerjakan urusan rumah tangga itu berat. Tugas –tugas tersebut bahkan terasa hadir terus hampir 24 jam. Oleh karena itu, bantuan dari suami untuk terlibat mengerjakan tugas rumah tangga akan sangat membantu istri. Jika istri sedang beristirahat, hindari untuk mencela hasil kerjanya. Itu bisa menyakiti hati.
  6. Berikan waktu bagi pasangan untuk melakukan aktivitas pribadi yang diminatinya. Misalnya jika istri ingin mengikuti kelas memasak atau suami ingin menghabiskan waktu bersama teman-temannya, tidak ada salahnya diizinkan. Ini bisa mencegah pasangan bosan dengan rutinitas harian. Bahkan, dari situ nantinya Anda bisa saling berbagi cerita dari aktivitas pribadi yang telah dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda