Scroll to Top

Cortana, Asisten Cerdas Pesaing Siri di Windows Phone

By Ditya / Published on Friday, 13 Sep 2013
Cortana
Cortana

Kehadiran asisten cerdas Apple Siri di jajaran smartphone iPhone ini ternyata menjadi tren yang menarik dan diikuti oleh para pesaingnya. Setelah Google merilis Google Now, Samsung dengan S Voice, kini giliran Microsoft menghadirkan fitur serupa di Windows Phone dengan nama sandi Cortana.

Nama Cortana ini tentu tak asing lagi bagi gamer yang pernah memainkan game Halo besutan Microsoft karena Cortana ini adalah nama salah satu karakter populer di game tersebut. Aplikasi mirip Siri di Windows Phone 8 tersebut mengusung nama sandi zCortana app.

Cortana sc

Asisten cerdas Cortana ini memungkinkan pengguna smartphone Windows Phone untuk berinteraksi dengan smartphone menggunakan perintah suara. Tak hanya itu, Cortana akan mempelajari kebiasaan pengguna dan beradaptasi sesuai dengan preferensi pengguna. Hal ini mirip dengan apa yang ditawarkan Google Now.

Beberapa screenshot mengenai kehadiran asisten cerdas Cortana ini telah beredar di internet dan terlihat beberapa fitur yang diusungnya. Cortana mampu menampilkan semua  notifikasi, informasi cuaca, sinkronisasi kalender, dan banyak fungsi lain yang cukup lengkap untuk bersaing dengan Siri dan Google Now.

Cortana sc2

Microsoft sendiri sebenarnya sedikit terlambat dibanding para pesaingnya yang telah menghadirkan fitur asisten cerdas di platform besutannya. Namun, hal ini membawa keuntungan tersendiri karena Microsoft dapat mempelajari kelebihan dan kekurangan Siri, Google Now, dan S Voice untuk mengembangkan Cortana.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (12/09/2013), sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari Microsoft mengenai fitur Cortana di Windows Phone. Banyak yang berharap fitur Cortana ini juga dibawa ke sistem operasi Windows 8.1 dan juga Windows RT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda