Scroll to Top

Penjara Unik, Dicap Seram Lembaga Pemasyarakatan Jepang Pakai Maskot Imut

By Ibnu Azis / Published on Friday, 13 Sep 2013

Katakkuri Chan

Ada-ada saja kebijakan yang dilakukan penjara ini. Sebuah rumah tahanan di Jepang, Asahikawa, gunakan maskot imut sebagai identitas mereka. Langkah ini dilakukan guna hilangkan cap seram pada lembaga permasyarakatan tersebut.

Sedangkan maskot yang dimaksud bernama Katakkuri Chan. Karakter maskot tersebut diharapkan mampu mengubah pandangan masyarakat akan kesan menyeramkan di Penjara Asahikawa. Diharapkan masyarakat sudi mengunjungi rumah tahanan tersebut.

Penjara Asahikawa memang dikenal sebagai sel yang menyeramkan. Bahkan kesannya tempat ini terisolisasi. Nampak suram di tempat terpencil dan hanya dikeliling dinding berwarna abu-abu. Sangat tak cocok disebut sebagai tempat rehabilitasi.

Seorang pejabat Penjara Asahikawa berujar jika penjara memang tempat bagi mereka yang tidak ingin diinginkan di lingkungan. Namun masyarakat juga harus mendukung keberadaan tempat rehabilitasi ini.

Katakkuri Chan sendiri miliki ukuran hampir dua meter. Maskot ini mulai debutnya tatkala diperkenalkan pada pameran akhir pekan lalu di Penjara Asahikawa. Lokasinya sendiri sekitar 560 kilometer sebelah utara Tokyo.

Acara tahunan tersebut menarik sekitar 1.700 orang pada Minggu lalu. Jumlah pengunjung naik dari 1.200 orang pada tahun 2012 silam. Pada perhelatan tersebut pengunjung juga bisa membeli pelbagai pernak-pernik dan kerajinan tagan yang dibuat oleh narapidana.

Sedangkan Katakkuri Chan, maskot yang miliki 182 cm ini adalah salah satu karakter populer di kehidupan Jepang. Maskot tersebut kerap digunakan untuk promosi dan mewakili pelbagai kekhasan kota-kota setempat. Misalkan saja soal kuliner dan industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda