Scroll to Top

Twitter IPO, Siap Lepas Saham ke Publik

By Ibnu Azis / Published on Friday, 13 Sep 2013

Twitter IPO

Twitter IPO akhirnya benar-benar terjadi. Pada Kamis (12/09/13) kemarin Twitter telah daftarkan diri ke Securities and Exhange Commision (SEC) untuk melantai bursa. Twitter akan susul Facebook yang telah lakukan Initial Public Offering pada tahun lalu.

Twitter umumkan rencana penawaran saham pada sebuah kicauannya kemarin. Mereka telah ajukan dokumen rahasia klasifikasi S-1 ke SEC.

Rumor tentang ketertarikan Twitter untuk melantai bursa memang sudah terendus media sejak beberapa waktu lalu. Wall Street Journal memperkirakan jika microblogging yang berdiri tahun 2006 ini miliki value sekitar USD 10 miliar.

CEO Twitter sendiri pada tahun lalu berujar jika waktu itu belum saatnya bagi Twitter untuk terjun ke IPO. Dick Costolo memutuskan Twitter untuk terus ‘independen’. Mungkin ia menilik apa yang terjadi di Facebook. Kala itu saham FB sempat rontok 50% setelah IPO pada Mare 2012.

Namun saham FB kini mulai pulih. Mulanya dibuka di angka USD 38 per lembar, sempat jatuh hingga di titik nadir, kini pekan lalu saham mereka ditutup di angka USD 45 per lembarnya.

Seorang analis Capital Greencrest, Santosh Rao memperkirakan jika nilai saham Twitter akan berada di angka USD 18 hingga USD 19 per lembarnya. Namun saat go public nanti kemungkinan besar saham Twitter bakal naik.

Mark Zuckerberg berujar jika Twitter tak perlu takut untuk terjun ke IPO. Ia melihat apa yang terjadi pada perusahaannya. Pada tahun lalu, Facebook mampu meraup dana USD 105 miliar dari lantai bursa. Twitter, kata Zuckerberg, hanya perlu fokus pada apa yang mereka kerjakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda