Scroll to Top

Mitra Kukar, Persib & Sriwijaya FC Bisa Jadi Runner Up Karena Arema Kena Sanksi FIFA?

By Agus Prasetyo / Published on Friday, 13 Sep 2013

mitra kukar arema greg nwokolo

Mitra Kukar, Persib & Sriwijaya FC sepertinya berpeluang untuk menyalip Arema sebagai runner up ISL musim ini. Hal tersebut tidak terlepas dari sanksi terkait didepaknya Jean Landry Poulangoye tahun 2009/2010 silam.

Setelah mengunci posisi kedua dengan mengalahkan Persidafon Dafonsoro, Arema harus memendam sementara ambisinya finis di posisi runner up akhir ISL.

Pasalnya FIFA memutuskan Arema mendapat pengurangan tiga poin sebagai buntut kasus yang melibatkan pemain asal Gabon, Jean Landry Poulangoye.

Kasus Landry sebenarnya sudah lama yakni pada musim 2009/2010 silam, namun FIFA baru membuat keputusan tiga tahun kemudian (tahun 2013 ini).

Bukan hanya pengurangan tiga angka, Arema juga harus membayar denda sebesar CHF 5.000 atau senilai lebih dari Rp61 juta. Pembayaran denda pun masih diembel-embeli ancaman.

Jika tidak membayar denda tersebut, tim yang kini dibesut Rahmad Darmawan itu akan langsung diturunkan ke Divisi Utama Liga Indonesia.

PSSI sebagai organisasi sepakbola Indonesia ternyata juga ikut cemas dengan sanksi yang dikenakan kepada Singo Edan.

Sebab menurut Joko Driyono jika tidak mematuhi keputusan dari FIFA, maka Indonesia terancam tak bisa mengikuti seluruh kompetisi internasional.

PSSI telah mengirimkan surat ke Arema bernomor 1825/UDN/1017/IX-2013 tanggal 10 September 2013 tentang Implementasi Keputusan Komisi Disiplin FIFA.

Namun pihak Arema sejauh ini masih terus mencari konfirmasi langsung dari FIFA terkait keputusan tersebut.

Dengan pengurangan tiga angka, bisa diasumsikan kemenangan lawan Persidafon pekan lalu menjadi sia-sia.

Singo Edan yang seharusnya telah mengantongi 66 angka, kini kembali menjadi 63 dan membuat tim-tim dibawahnya punya peluang untuk mengejarnya.

Persib Bandung, Mitra Kukar dan Sriwijaya FC menjadi tim yang masih bisa mengejar raihan angka Arema.

Namun paling berpeluang adalah Mitra Kukar yang saat ini berada di peringkat tiga dengan 59 angka dan masih menyisakan dua laga.

Jika Arema kalah di kandang Persiram, Mitra bisa menyodok ke urutan kedua dengan syarat bisa memenangi dua laga kandang terakhir.

Persib masih ada peluang walau sangat sulit. Bila Arema kalah di kandang Persiram dan Persib mengalahkan Persiwa sekalipun, masih sulit untuk mengejar surplus gol yang dimiliki Arema.

Situasi yang dihadapi Persib nyaris sama dengan posisi Sriwijaya FC yang berada di peringkat empat.

Jadi pilihan satu-satunya bagi Arema adalah memenangi pertandingan pamungkas lawan Persiram Raja Ampat, Minggu (15/9/13).

Hasil imbang belum cukup untuk mengamankan posisi karena Mitra Kukar masih memiliki kesempatan meraih angka maksimal 65 jika bisa menang beruntun di laga sisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda