Scroll to Top

Twitter IPO Terjun ke Bursa Saham, Apa Dampaknya Bagi Pengguna?

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 14 Sep 2013

Twitter

Twitter IPO sebentar lagi bakal terealisasi. Pertanyaannya kemudian, apakah dampaknya bagi pengguna microblogging tersebut? Berikut sedikit ulasan dari para analis yang dirangkum dari situs Mashable.

Sebentar lagi Twitter akan berstatus sebagai perusahaan publik. Bisnis mereka kemungkinan bakal sedikit bergeser. Namun pergeseran ini tak berpengaruh pada 240 juta pengguna aktif bulanan mereka.

Analisis tersebut diutarakan oleh Nate Eliott dari Forrester Research. Twitter bisa wujudkan itu asalkan mereka tidak mengubah atau mengurangi pengalaman yang didapat pengguna.

Sementara itu Clark Fredricksen dari eMarketer berpendapat jika selama ini Twitter sangat berhati-hati tatkala meluncurkan produk baru termasuk iklan. Twitter tak pernah mengabaikan kenyamanan pengguna terkait itu.

‘Kemarahan’ pengguna kemungkinan besar bakal terjadi pasca IPO bila Twitter lebih menggenjot iklan di feed mereka. Meski dua analis di atas tidak menyebut itu Twitter memang kian gencar lakukan serangkain monetisasi melalu iklan.

Brian Blau, direktur riset Gartner berpendapat jika Twitter kemungkinan akan lakukan ekspansi internasional khususnya ke Amerika Latin dan Asia Tenggara. Namun itu tak akan berarti jika pengguna tak terlibat dengan produk perusahaan.

Untuk mengantisipasinya, terang Blau, Twitter dapat suntikkan konten-konten segar dan fitur baru yang diperoleh dari kemitraan. Misalkan saja dari partner mereka di televisi dan e-commerce.

Misalkan saja apa yang baru saja dilakukan Twitter dengan menyewa mantan presiden Ticketmaster, Nathan Hubbard. Ia miliki tanggungjawab untuk membawa e-commerce ke feed Twitter. Ini terobosan baru yang bisa menambah keterlibatan pengguna.

Secara keseluruhan ketiga analis di atas percaya dan yakin jika pengguna selama ini mengamini bila Twitter telah lakukan tindakan yang benar. Ini juga termasuk keputusan mereka untuk terjun ke IPO.

Gejolak yang sama juga dirasakan pengguna Facebook pasca mereka putuskan melantai bursa. Muncul kekhawatiran dari kalangan pengguna kala itu terkait dampak yang ditimbulkan. Namun nyatanya, tidak ada pengaruh yang begitu berarti hingga sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda