Share

Honda-Brio-Satya

Honda Brio Satya hanya dijual dengan harga mulai Rp 106 juta. Dipastikan varian dari Brio ini bakal berhadapan langsung dengan Daihatsu Ayla dan Toyota Agya yang dipasarkan mulai harga Rp 76 jutaan sampai 120 jutaan. Keduanya memang bermain di pangsa yang sama yaitu mobil ramah lingkungan  atau Low Cost Green Car (LCGC) yang disubsidi pemerintah.

Ada tiga tpe yang diusung oleh Satya, yaitu tipe E, S, dan A. Harga untuk ketiganya yaitu tipe A Rp 106 juta, tipe S Rp 111 juta, dan tipe E 117 juta.

Brio Satya diklaim Honda Prospect Motor (HPM) memiliki lebih banyak kandungan lokal. Bahkan, supplier lokal yang diikutsertakan untuk memasok bahan juga lebih banyak . Ini memungkinkan ikut bergeraknya perekonomian di tanah air.  Sekitar 85 persen komponen Satya berasal dari lokal. Namun, HPM memastikan kualitas yang diberikan Brio Satya bukan asal-asalan.

“Brio Satya merupakan model Honda dengan harga terendah yang pernah diperkenalkan di Indonesia. Ini memberikan kesempatan lebih banyak kepada konsumen untuk menikmati standar kualitas Honda dengan harga lebih terjangkau,” kata Tomoki Uchida, President Director HPM , dikutip Kompas.

Brio Satya dilengkapi dengan mesin Honda i-VTEC SOHC 1.200 cc 4 silinder. Dengan mesin ini, kendaraan mampu menghasilkan tenaga hingga 88 PS. Torsi puncaknya mencapai 11,1 kg di putaran 4.500 rpm. Kendaraan ini memiliki lima transmisi percepatan. Dan, Satya punya enam warna body, yaitu Taffeta White, Alabaster Silver Metalic, Crystal Black Pearl, Rallye Red, Sunset Orange II, dan Polished Metal Metalic.

Sebagai tipe tertinggi, tipe dilengkapi dengan lampu kabut dan wiper pada bagian belakang. Selain itu ditambahkan pula pelek alloy 14 inci, power window, garnish bumper belakang, dan spoiler belakang. Baik tipe E maupun S, kedua mendapatkan sentuhan warna yang sama dengan badan mobil di spion dan gagang pintu.

Urusan hiburan, pada tipe E dan S telah dibenamkan sistem audio Double DIN AM/FM, single disc, MP3/WMA, aux input, USB port, made for iPod (tipe 2). Penunjang audio diberikan pengeras suara yang dipasang di depan dan belakang interior.

Sementara untuk memberikan keamanan berkendara, Honda Brio Satya mendapatkan body dengan strutur G-CON yang tangguh dalam menahan benturan saat tabrakan. Ada dua airbag untuk pengemudi dan penumpang di depan. Sabuk pengamannya dilengkapi dengan pretensioner dan load limiter.  Ada immobilizer pada setiap tipe Satya.

Dengan  harga mulai Rp 106 juta, diperkirakan Brio Satya akan menjadi salah satu mobil favorit. Harga tersebut cukup terjangkau sebagai mobil ramah lingkungan yang telah memenuhi standar EURO 4.