Scroll to Top

AFF U19: Timor Leste dan Laos Mengejutkan!

By Aditya / Published on Saturday, 14 Sep 2013

laos u19

Kejutan demi kejutan terjadi di gelaran AFF Cup U19 2013 yang dihelat di Jawa Timur. Tim-tim kuda hitam yang semula hanya dianggap sebagai penggembira justru tampil gemilang di Piala AFF U19 2013. Dua tim anak bawang yang paling mengejutkan di ajang AFF Cup U19 kali ini adalah Timor Leste dan Laos yang menghuni Grup A.

Dibanding para kompetitor lainnya di Grup A seperti Singapura, Filipina, bahkan Kamboja, pamor Laos apalagi Timor Leste memang kalah gemerlap. Terlebih lagi Timor Leste yang berstatus sebagai tim anggota AFF termuda di ajang kali ini. Namun, rupanya Laos dan Timor Leste mampu menghentak dan membuat banyak pihak terkejut.

Timor Leste tidak disangka bisa mengalahkan Kamboja dengan skor cukup meyakinkan 3-1 pada Jumat (13/9/2013) kemarin di Stadion Petrokimia Gresik. Anak-anak muda asal negeri yang dulu menjadi bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia ini sukses membalikkan keadaan setelah tertinggal satu gol terlebih dulu.

Meskipun meraih kemenangan penting dan membanggakan, namun pelatih Timor Leste, Norio Tsukitate, tak lantas jumawa. Pelatih asal Jepang ini justru menilai tim asuhannya lebih beruntung ketimbang Kamboja.

“Kamboja tim yang bagus, kalau mereka mampu mencetak gol di babak pertama, kami tak akan menang hari ini,” kata Norio Tsukitate seusai laga.

Masih di Grup A, Laos yang selama ini lekat sebagai anak bawang di persepakbolaan Asia Tenggara tampil cemerlang untuk menggulingkan Singapura yang menjadi favorit utama juara di grup ini.

Tak hanya menang tipis dan berbau keberuntungan, Laos justru mampu membobol gawang Singapura sebanyak 3 kali tanpa balas lewat Phitack Kongmathilath dan dua gol Armisay Kettavong. Hebatnya lagi, kemenangan ini membawa Laos menjadi tim pertama yang lolos ke babak selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda