Scroll to Top

Pantulan Sinar Dari Gedung Ini Bisa Membuat Cat Mengelupas

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 14 Sep 2013

walkie-talkie-tower

Efek dari kehadiran gedung di London ini mungkin kurang diperhitungkan sebelumnya. Gedung tersebut berbentuk melengkung  pada salah satu sisi dan mendapat sebutan Walkie Talkie. Karena bentuk lengkungan itu, membuat pancaran sinar matahari yang mengenai kaca sepanjang gedung memantul secaralebih terfokus.  Hal ini menimbulkan hawa panas tinggi hingga mampu melelehkan cat mobil.

Walhasil masih banyak lagi kerusakan pada berbagai benda yang terkena pantulan . Contohnya kerusakan cat dinding, ubin menjadi retak, karpet menimbulkan bau asap, dan membuat hawa terik bagi lingkungan.

Seorang wartawan pernah mencoba mengetes tingkat panas yang dihasilkan oleh pantulan sinar gedung ini. Hasilnya, panas tersebut dapat dipakai untuk menggoreng sebutir telur. Karena menimbulkan efek panas berlebih, gedung pencakar langit itu lantas disebut pula Walkie Scorchie.

Masalah ini memang terjadi dalam jangka pendek. Pasalnya, pantulan pada lengkungan gedung terjadi untuk jangka tiga minggu saat matahari bersinar  di dekat cakrawala pada musim gugur. Pantulan sinar akan dirasakan selama dua jam setiap harinya ketika masa pantulan itu datang.

” Kami sedang berkonsultasi dengan bisnis lokal dan kota untuk mengatasi masalah dalam jangka pendek, sementara juga mengevaluasi solusi jangka panjang untuk memastikan masalah ini tidak terjadi lagi di masa depan , ” tambah juru bicara Land Securities and Canary Wharf, seperti dikutip Amusing Planet.

Kejadian seperti ini pernah terjadi pula pada Vdara Hotel yang ada di City Center, Las Vegas. Di sana terdapat permukaan cermin melengkung yang justru menjadi reflektor parabola raksasa. Pantulannya mengenai area kolam renang. Banyak pengunjung kolam renang kala itu merasakan rambutnya seperti bau terbakar. Bahkan, gelas plastik dan tas belanja ikut meleleh karena cukup panas.

walkie-talkie-tower

walkie-talkie

walkie-talkie-tower

walkie-talkie-tower

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda