Scroll to Top

Barcelona Gunakan Mobil Listrik Nissan Sebagai Taksi

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 14 Sep 2013

Nissan e-NV200

Perkembangan mobil listrik nantinya tidak hanya berakhir sebagai kendaraan pribadi. Di Barcelona, Spanyol, misalnya, mobil listrik rencananya juga akan dipakai sebagai alat transportasi umum yang ramah lingkungan. Salah satu yang sedang digalakkan adalah penggunaan mobil listrik untuk taksi. Kini promosi tersebut sudah berjalan dan menanti respons dari masyarakat.

Pengadopsian mobil listrik sebagai alat transportasi ini pertama kali di dunia. Barcelona, melalui Dewan Kota-nya, telah menjalin kerjasama dengan pabrikan Nissan untuk penyediaan kendaraan. Nissan sendiri rencananya memasok mobil Nissan e-NV200 yang bakal difungsikan sebagai taksi. Unit mobil segera diserahterimakan pada pertengahan 2014.

“Saya puji Kota Barcelona yang memakai produk kami menjadi armada taksi di kota. Kami sangat senang bersama Barcelona mempromosikan transportasi bersih tanpa emisi, di mana menguntungkan masyarakat,” kata Carlos Ghosn, CEO Nissan.

Menggunakan mobil listrik akan berhadapan langsung dengan infrstruktur lainnya. Oleh karena itu, dikutip Dapur pacu, di Barcelona juga segera dibangun stasiun pengisian listrik. Rencananya stasiun ini memakai infrastruktur pengisian cepat atau quick charger.

Dalam sekali melakukan isi ulang listrik, satu unit mobil memerlukan waktu tunggu 30 menit. Masa isi tersebut akan memberikan suplai energi baterai sebesar 0-80 persen. Penempatannya tidak jauh dari lokasi antrean di bandara maupun stasiun kereta. Selain itu, stasiun pengisian listrik juga dibangun pada berbagai titik pemberhentian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda