Scroll to Top

Anak Menjadi Lebih Tinggi Jika Ibu Hamil Minum Susu

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 14 Sep 2013

hamil

Memberikan susu secara rutin pada ibu hamil adalah satu cara untuk menunjang kenaikan tinggi badan anak mereka saat dewasa. Studi yang dimuat European Journal of Clinical Nutrition menyatakan, susu dapat memberikan manfaat positif pada perkembangan anak sejak mereka masih dalam janin hingga nantinya lahir dan tumbuh. Ada kandungan dari susu yang menyebabkan pengaruh tersebut bisa terjadi.

Dikutip dari She Knows, ibu hamil yang minum susu memiliki zat IGF-1 yang lebih tinggi di tubuh mereka dibanding ibu hamil yang tidak minum susu. Selain itu, faktor pertumbuhan lain seperti insulin juga meningkat. Hormon ini selain membantu mengatur kadar gula dalam darah juga bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan tulang.

Studi ini melibatkan 685 orang Denmark yang merupakan sepasang ibu dan anak. Mereka dilakukan pengamatan selama 20 tahun. Peneliti melakukan pelacakan terhadap kebiasaan ibu hamil dalam meminum susu selama masa kehamilan. Lantas, anak-anak mereka diukur panjangnya saat lahir dan dilakukan pengukuran ulang ketikamereka menginjak usia 20 tahun.

Dari analisa peneliti ditemukan, ibu hamil yang setidaknya minum lebih dari 5 ons susu rendah lemak setiap hari cenderung punya bayi yang ukurannya relatif besar. Hasil ini berkebalikan pada ibu hamil yang tidak minum susu. Sementara itu ketika berusia 20 tahun, anak dari ibu yang dulunya minum susu saat hamil memiliki tinggi badan satu setengah inchi lebih banyak dibanding anak dari ibu yang dulunya tidak minum susu.

“Minum susu mungkin satu (penyebab) kenaikan berat badan dan panjang saat lahir, dan ada kemungkinan ini benar-benar berlanjut dalam kehidupan dewasa,” ujar Thorhallur Halld√≥rsson, peneliti dari Center for Fetal Programming di State Serum Institute, Copenhagen, Denmark.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda