Scroll to Top

Kulit Apel Lebih Bergizi Ketimbang Dagingnya

By C Novita / Published on Sunday, 15 Sep 2013

makan apel

Kulit buah apel memang mengandung lebih banyak kandungan vitamin dan nutrisi ketimbang dagingnya, sehingga dianjurkan untuk tidak mengupasnya. Konsumsi apel bersama dengan kulitnya akan membuat Anda mendapat manfaat yang lebih besar.

Apa saja nutrisi yang ada dalam kulit apel? Berikut diantaranya seperti dikutip dari laman Okehealth:

  • Vitamin

Ada vitamin A, C, dan K dalam kulit apel. Manfaatnya adalah untuk kesehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh dan untuk kecantikan kulit. Selain itu kandungan folatnya baik untuk pembentukan sel-sel baru dalam tubuh.

  • Mineral

Pada kulit apel terdapat mineral seperti kalsium, kalium, fosfor yang bermanfaat untuk tulang kuat, fungsi pencernaan, dan menyehatkan jantung. Sayang sekali bila terbuang, bukan?

  • Serat

Serat yang terdapat dalam kulit apel ada dua macam, yaitu serat yang larut dan yang tak larut. Manfaatnya adalah untuk penurunan kolesterol, membantu menurunkan berat badan, serta melancarkan pencernaan.

  • Antioksidan

Bila Anda mengupas dan membuang kulit apel, maka flavonoid serta asam fenolat yang termasuk dalam golongan antioksidan akan terbuang percuma. Padahal manfaatnya sangat besar bagi ketahanan tubuh dalam melawan sel kanker, dan kerusakan sel serta radikal bebas.

Jadi mulai sekarang, konsumsi apel lengkap bersama kulitnya agar berbagai manfaat baik dapat Anda rasakan. Namun jangan lupa cuci dahulu hingga bersih, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda