Scroll to Top

Tips Pilih Telur yang Masih Segar dan Berkualitas

By C Novita / Published on Monday, 16 Sep 2013

telur yang segar

Bagi seorang yang masih pemula, kegiatan berbelanja dan memasak bisa jadi cukup menyulitkan. Contoh sederhana saja, memilih telur yang segar dan berkualitas bagi seorang yang tak mengetahui caranya, tentu bisa jadi masalah.

Apalagi bila pedagang di pasar sengaja mencampur telur yang berkualitas dengan telur yang sudah lama. Ini jelas merugikan sekali. Yang ada Anda harus membuang telur tersebut sebab sudah tak layak makan.

Nah, bagaimana cara memilih telur yang segar dan belum kadaluarsa? Berikut tipsnya:

  • Lihat bagian kulit luar telur. Telur yang baik dan berkualitas tidak pecah atau retak. Telur yang retak atau pecah akan membuat bakteri dan kuman rawan masuk dan mencemarinya.
  • Memang tak semua telur yang kulit luarnya utuh itu berarti masih bagus. Karena itu, setelah memilih telur yang kulitnya utuh, goyangkan sedikit dan dengarkan suaranya. Bila terasa ada suara air bergerak, atau kuning telur yang bergoyang, maka telur itu sudah lama.
  • Ukuran telur yang besar, bisa berarti cangkangnya lebih tipis dan itu mudah ditembus oleh bakteri dan kuman. Lebih baik pilih ukuran telur yang ukurannya sedang, sehingga cangkang yang menyelimutinya lebih tebal.
  • Telur yang sudah jelek akan berdiri tegak bila direndam dalam air. Usianya sudah lebih dari 10 hari, dan mendekati busuk.
  • Bila dipecahkan, telur yang segar tak akan berbau busuk, kental bentuknya, bukan cair, dan warna kuningnya cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda