Scroll to Top

AFF U19: Keajaiban Timor Leste Terus Berlanjut!

By Aditya / Published on Monday, 16 Sep 2013

timor leste

Timor Leste tampaknya belum berhenti menebar keajaiban. Tim termuda di persepakbolaan Asia Tenggara tanpa diduga mampu menjungkalkan Laos dengan skor 3-1 di Piala AFF U19, kemarin. Padahal, Laos adalah tim pertama memastikan lolos dari babak penyisihan Piala AFF U19 2013. Timor Leste pun semakin mantap menatap semifinal AFF Cup U19 kali ini setelah di laga sebelumnya mengalahkan Kamboja 3-1.

Meskipun demikian, pelatih Timor Leste, Norio Tsukitate, tetap saja merendah. Pelatih asal Jepang ini masih belum memikirkan langkah ke semifinal. Yang jelas, ia tetap akan menginstruksikan anak-anak asuhnya bermain sebaik mungkin di laga terakhir babak penyisihan, yakni melawan Filipina.

“Kami belum lolos. Yang lolos di grup ini hanya Laos. Saya belum memikirkan hal itu. Yang kami pikirkan sekarang adalah bermain sebaik mungkin di pertandingan terakhir,” tandas Norio Tsukitate di Stadion Petrokimia Gresik, Minggu (15/9/2013).

“Bisa saja kami kalah di laga terakhir dan Singapura menang dengan skor yang lebih besar, siapa tahu?” ujar sang pelatih dengan nada merendah.

Peluang anak-anak Timor untuk melenggang ke semifinal sebenarnya cukup besar. Bahkan, Timor Leste berpeluang besar menyingkirkan tim kuat yang sebenarnya dijagokan menjuarai Grup A, yakni Singapura. Skuat Norio Tsukitate hanya perlu bermain imbang untuk lolos ke semifinal menyusul Laos.

Kiprah Timor Leste di gelaran AFF Cup U19 kali ini memang mengejutkan. Sebagai negara termuda di ASEAN setelah lepas dari Indonesia sejak tahun 1999, Timor Leste secara perlahan namun pasti mulai mengancam dominasi persepakbolaan Asia Tenggara yang selama ini ditempati oleh Thailand, Vietnam, Indonesia, Singapura, Myanmar, maupun Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda