Scroll to Top

Google Mengetahui Password WiFi yang Diakses dari Perangkat Android?

By Ditya / Published on Monday, 16 Sep 2013

WiFi

Baru-baru ini muncul kabar yang menyebutkan bahwa Google dapat mengetahui semua pasword WiFi yang diakses oleh setiap perangkat dengan sistem operasi Android. Bagaimana ini bisa terjadi? Konon, Google dapat mengetahui pasword WiFi melalui fitur Backup my data yang terdapat di perangkat Android.

Fitur Backup my data ini dapat diakses melalui menu Settings>>Backup & Reset>>Backup my data di mana dalam menu tersebut terdapat deskripsi yang berbunyi:

“Back up app data, Wi-Fi passwords and other settings to Google servers”

Sebenarnya fitur Backup my data telah lama ada di sistem operasi Android dan fitur ini pertama kali muncul pada rilis Android 2.2 Froyo yang secara default mengirim kembali password WiFi yang diakses ke server Google.

Hampir semua produsen smartphone Android menyertakan fitur ini dengan nama yang berbeda-beda, HTC menggunakan nama “Backup my settings”, sedangkan Samsung dan Sony menggunakan nama “Backup my data”. Meski datang dengan nama yang berbeda-beda, secara umum fungsi fitur tersebut adalah sama.

backup
Backup my data

Jika fitur Backup my data ini diaktifkan, maka smartphone atau tablet tersebut akan secara reguler melakukan backup setting, app data, dan password ke server Google dan pengguna dapat melakukan restore jika terjadi masalah pada perangkatnya.

Lalu apa masalah dari kehadiran fitur ini? Masalahnya adalah privasi pengguna, karena tak ada keterangan atau jaminan dari Google bahwa mereka tidak akan membaca password WiFi pengguna yang tersimpan di server Google.

Seperti yang dilansir dari Phone Arena (15/09/2013), sampai saat ini belum ada keterangan atau tanggapan Google mengenai fitur “Backup my data” yang tengah ramai diperbincangkan di dunia maya dan kalangan yang sensitif terhadap privasi.

Namun, bagi pengguna yang tidak menginginkan fitur “Backup my data” dapat menonaktifkannya melalui menu Settings>>Backup & Reset dan hilangkan tanda centang atau checklist pada fitur Backup my data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda