Scroll to Top

Di Los Angeles, Media Sosial Dipakai untuk Memonitor Siswa

By Ibnu Azis / Published on Monday, 16 Sep 2013

Media Sosial

Kian populer di kalangan pelajar, di Los Angeles, media sosial dimanfaatkan sekolah untuk memonitor siswa. Ada dua media sosial besar yang dilirik; Facebook dan Twitter. Seperti apa?

Glendale Unified School District mulai memanfaatkan jasa firma Geo Listening untuk men-track akun-akun media sosial siswa mulai tahun ini. Ini dilakukan setelah memertimbangkan dua kasus bunuh diri yang terjadi pada tahun lalu.

Apa yang dikhawatirkan pihak sekolah adalah aksi cyberbullying. Kasus ini pernah memakan korban dan mereka tak ingin kecolongan dua kali. Kasus intimidasi online yang ada menurut mereka sudah mengkhawatirkan.

Setidaknya Glendale Unified School District membayar Geo Listening sekitar USD 40.500 untuk lakukan pelacakan di sekitar 14.000 postingan siswa di Facebook, Twitter, Instagram, dan beberapa media sosial lain.

Young Cho, siswa 16 tahun asal Herbert Hoover High School mengatakan pada Los Angeles Times jika media sosial bukanlah tempat pribadi dan tidak benar-benar aman. Namun ia juga tak membenarkan jika sekolah melakukan kebijakan itu.

“Ini ekspresi dan perasaan siswa sendiri ke teman-teman mereka. Sekolah mungkin terusik akan hal itu, saya mengerti tapi saya tak berfikir tindakan mereka benar,” ujarnya.

Glendale Unified School District berharap dari langkah ini diharapkan bisa mengurangi angka online bullying, penggunaan narkoba, dan kasus sejenis. Program percontohan pertama telah diluncurkan tahun lalu di tiga sekolah tinggi di distrik tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda