Scroll to Top

Lowongan CPNS 2013 di KPU

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 17 Sep 2013

Lowongan CPNS 2013 di KPU

KPU (Komisi Pemilihan Umum) membuka lowongan CPNS 2013. Seleksi penerimaan pegawai baru ini dibuka untuk Sarjana S1 dan DIII. Persaingan akan cukup ketat karena yang dibutuhkan adalah 53 CPNS lulusan S1 dan 44 CPNS dari D-III.

Seperti dilansir oleh Republika pada Jumat, 13 September 2013, nantinya para pegawai baru KPU ini akan disebar ke beberapa lokasi. 16 lulusan S1 dan 14 lulusan DII akan ditempatkan di Sekretariat Jenderal KPU di Jakarta. Sedangkan sisanya akan ditempatkan di sekretariat KPU di berbagai provinsi.

Pada laman resmi KPU, disebutkan rincian lulusan S1 dan D3 dari berbagai bidang ilmu yang dibutuhkan oleh KPU. Semisal, untuk yang ditempatkan di Sekretariat Jenderal KPU, dicari sebagai berikut.

  1. 6 sarjana Ekonomi/Akuntansi untuk menempati jabatan Auditor Pelaksana, Penata Laporan Keuangan, dan Penyusun Laporan Keuangan.
  2. 3 sarjana Ilmu Hukum untuk menempati jabatan Analis Hukum
  3. 1 sarjana Ilmu Politik untuk menempati jabatan Analis Pemilu
  4. 2 sarjana Komputer untuk menempati jabatan Penata Laporan Keuangan dan Pranata Komputer
  5. 2 sarjana Ilmu Politik/Komunikasi untuk jabatan Penghubung Antar Lembaga
  6. 2 sarjana Psikologi untuk jabatan Penyusun Bahan Pembinaan Pegawai.

 

Akan halnya lulusan D-III yang dibutuhkan di Sekretariat Jenderal KPU adalah mereka yang merupakan lulusan berikut.

  1. 3 lulusan D-III Akuntansi untuk Verifikator Keuangan
  2. 2 lulusan Desain Komunikasi Visual untuk Animator dan Ilustrator
  3. 5 lulusan Kearsipan untuk Arsiparis
  4. 4 lulusan Ilmu Komputer untuk Operator Komputer dan Verifikator Keuangan

Ada pun beberapa syarat khusus yang ditetapkan KPU, misalnya pendaftar minimal berusia 18 tahun per tanggal 1 Januari 2013. Sarjana Muda/D3 maksimal berusia 28 tahun, sedangkan S1 maksimal 30 tahun.
Khusus untuk S1, jika merupakan lulusan perguruan tinggi swasta, minimal mempunyai IPK 3,00. Sedangkan yang berasal dari PTN memiliki IPK minimal 2,90.

Yang tidak boleh dilupakan, jika Anda berminat untuk lowongan CPNS KPU ini, Anda mesti menulis surat lamaran dengan tulisan tangan, dengan tinta hitam yang dibubuhi materai Rp 6000,00. Anda bisa mengunduh formatnya, dan keterangan lain dalam tautan berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda