Scroll to Top

Jenis Pijatan untuk Meningkatkan Kebugaran Tubuh

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 17 Sep 2013

pijatan

Pijat sudah sejak lama dipakai untuk terapi menyegarkan tubuh. Bahkan, pijatan juga dipercaya mampu merangsang penyembuhan berbagai penyakit seperti pijat refleksi dan akupresur.  Ada banyak jenis pijatan yang bisa dipilih. Untuk memberikan kebugaran pada tubuh, mungkin Anda bisa memilih jenis pijatan berikut untuk dilakukan:

  1. Pijat Swedia. Pijatan dilakukan dengan melakukan tekanan memanjang pada kulit, meremas, dan menggerakkan tekanan secara melingkar. Tekanan dilakukan ke arah peredaran darah yang menuju jantung. Untuk memudahkan pemijatan biasanya terapis memakai lotion atau minyak pelumas. Selama pemijatan, teknik ini terlihat sangat lembut dan santai.
  2. Pijat aroma terapi. Pijat ini berguna mempengaruhi kesehatan saraf, peredaran darah, limfatik, sistem kekebalan tubuh, dan otot. Selain itu, Anda lebih terbebas dari stres karena pikiran akan terelaksasi. Dalam pijat ini digunakan minyak esensial. Sehingga,aroma tercium harum dan badan hilang penatnya.
  3. Pijat Bali. Dalam pijat Bali dirancang untuk bekerja pada hampir setiap otot di tubuh. Ada beberapa teknik yang dipakai yaitu akupresur dan teknik pijat standar. Tekanan pada tubuh bisa terasa halus dan juga lebih dalam pada kulit. Teknik ini membuat otot tegang menjadi kendur sehingga menghilangkan rasa pegal. Pijat Bali kerap disarankan untuk cedera olahraga.
  4. Pijat Tibet. Pijat Tibet didasarkan pada konsep lima elemen kedokteran Tibet yaitu bumi, air, api, angin, dan ruang. Sementara untuk pijatnya mengadopsi elemen angin agar terjadi keseimbangan di tuh. Gerakan pijat yang dipakai adalah teknik-teknik manipulatif, termasuk menggosok, meremas, dan membelai. Fungsi pijat ini untuk meningkatkan metabolisme, merangsang tidur lebih bai , mengembalikan energi, meningkatkan nafsu makan, dan memperbaiki suasana hati.
  5. Pijat Lomi-Lomi. Pijat ini asalnya dari Hawaii dan berkembang turun-menurun. Dalam sekali sesi pijat bisa dilakukan satu atau dua orang terapis sekaligus. Penggunaan dua terapis ini untuk menimbulkan efek relaksasi tubuh yang lebih mendalam. Pijat Lomi-Lomi akan menenangkan dan menyegarkan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda