Scroll to Top

Berolahraga Mengatasi Gejala Depresi

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 17 Sep 2013

lari

Ada cara paling murah untuk mengatasi depresi, yaitu berolahraga. Studi terbaru yang dilakukan Universitas Edinburgh menemukan, olahraga mampu secara efektif mengurangi ketegangan dalam pikiran yang menjadi gejala dari depresi. Demikian dikutip dari Huffington Post.

Tim peneliti melakukan kajian terhadap 39 studi yang telah dilakukan sebelumnya. Studi yang dianalisa berkaitan dengan depresi dan olahraga. Total responden yang terlibat sebanyak 2.326 orang yang mengalami depresi. Hasilnya menunjukkan bahwa olahraga secara rutin memberikan manfaat dalam menangani gejala depresi.

Hanya saja peneliti mengatakan, hal ini perlu kajian lebih mendalam untuk mengetahui hubungan lebih jauh antara depresi dan aktivitas fisik secara umum. Dan, berolahraga adalah salah satu aktivitas yang terbukti mampu sebagai obat antidepresi alami tanpa perlu minum obat-obatan .

Peneliti meyakini olahraga memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Termasuk di antaranya, berolahraga secara postif mempengaruhi kerja otak dengan banyak cara. Salah satunya bisa meredam gejala depresi dan memunculkan mood yang lebih baik.

“Kita tidak bisa mengatakan dari bukti saat ini yang ada bahwa berolahraga adalah yang paling efektif, atau apakah manfaat akan berlanjut setelah pasien berhenti berolahraga,” kata peneliti Gillian Mead, dari Centre for Clinical Brain Sciences, Universitas Edinburgh.

Studi ini diterbitkan dalam Cochrane Library.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda