Scroll to Top

Hati-Hati Berbagi Informasi Pribadi Ini pada Teman Online

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 17 Sep 2013

online

Menyelami dunia online memang menyenangkan. Apalagi saat bertemu dan berteman dengan banyak orang secara online terasa menyenangkan. Namun sebaiknya Anda membatasi diri untuk berbagi hal-hal pribadi pada mereka. Pasalnya, jika ternyata bertemu dengan teman online yang berniat jahat, informasi pribadi Anda bakal tersebar luas. Inilah info pribadi yang sebaiknya tidak dibagi secara sembarangan sekalipun Anda telah mengenal teman online cukup lama:

  1. Mengunggah foto atau video intim. Kadangkala seseorang mengunggah konten dewasa ke sebuah situs dan menyettingnya hanya bisa dilihat oleh diri sendiri. Tapi tahukah Anda? Konten Anda itu tidak sepenuhnya aman. Sekali akun Anda dihack oleh orang lain, berbagai informasi rahasia Anda bisa diakses. Sangat tidak nyaman bila foto atau video intim Anda sampai tersebar luas. Sebaiknya Anda simpan saja file seperti ini di komputer pribadi atau dihapus sekalian untuk menghindari risiko disalahgunakan.
  2. Berbagi nomor telepon. Hindari memberikan telepon utama kepada orang yang belum terlalu dikenal. Dunia maya itu seringkali penuh kebohongan. Jangan percaya penuh terhadap teman online. Banyak nomor telepon yang disalahgunakan hingga akhirnya pemilik mendapat telepon atau sms dari nomor-nomor yang tidak dikenal.
  3. Hindari memosting status yang bernilai pelanggaran. Anda tidak perlu berbagi emosi Anda untuk teman, bos, guru, atau siapa saja dengan memakai kata-kata penghinaan melalui status jejaring sosial. Penghinaan seperti itu termasuk kategori kejahatan. Di Indonesia, mungkin Anda bisa terjerat pasal dalam Undang-Undang ITE. Selain itu, teman-teman online Anda lainnya akhirnya menganggap diri Anda sosok yang kurang beradab.
  4. Menyebutkan rincian rekening perbankan. Hati-hati menyebutkan rekening bank Anda pada sembarang orang atau website yang tidak bisa dipercaya. Termasuk, jangan sampai menyebutkan pin ATM atau password lain yang berhubungan dengan transaksi perbankan. Bisa-bisa rekening Anda dibobol oleh orang jahat yang memiliki kemampuan mengakses sistem keamanan perbankan. Efeknya uang bisa lenyap dalam sekejap.
  5. Menceritakan detil demi detil yang Anda lakukan. Biasanya orang narsis dan alay memosting kegiatannya hampir setiap berganti aktivitas di jejaring sosial. Sikap ini sangat berbahaya. Orang-orang yang berniat jahat pada Anda menjadi lebih mudah menyusun rencana busuknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda