Scroll to Top

Orang Terkaya di Indonesia 2013: Eka Tjipta Widjaja, Bos Sinarmas

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 17 Sep 2013

eka tjipta widjaja

Eka Tjipta Widjaja jadi orang terkaya di Indonesia tahun 2013 ini. Kekayaan bos Sinarmas itu menurut Bloomberg capai USD 8,4 miliar atau sekitar Rp 95 triliun. Ia juga berhasil menggusur duet bos Djarum Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono.

Lahir di Coan Ciu, Fujian, Republik Rakyat China, Eka Tjipta Widjaja terlahir dengan nama Oei Ek Tjhong pada 3 Oktober 1923. Ia adalah pengusaha pendiri Sinar Mas Group. Orang terkaya nomor 3 versi Forbes (2011) ini migrasi ke Makasar, Sulawesi Selatan pada tahun 1931.

Sinarmas sendiri merupakan produsen minyak sawit terbesar nomor dua di dunia. Ia juga pemilik Bank Internasional Indonesia yang dibelinya pada tahun 1982. Ia juga seorang pengusaha realestate dan juga properti.

Menurut data dari Bloomberg Billionaires Index per 12 September 2013, nama Eka Tjipta Widjaja jadi yang terdepan sebagai orang paling kaya di Indonesia. Sedangkan untuk posisi global ia ada diperingkat ke-142.

Di posisi kedua ada dua saudara bos Djarum Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono. Secara global keduanya bertengger di peringkat 176 dan 177. Mereka miliki total kekayaan masing-masing capai USD 7,3 miliar (Rp 82 triliun) dan USD 7,2 miliar (Rp 81 triliun).

Bloomberg menyebut jika Eka Tjipta Widjaja menguasai mayoritas saham di pelbagai perusahaan. 61% di Sinar Mas Multiartha, 60% di Dian Swastatika Sentosa, 61% di Smartfren Telecom, 60% di Kertas Tjiwi Kimia, dan 53% di Indah Kiat Pulp & Paper.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda