Scroll to Top

iPhone 5S vs Xperia Z1, Mana yang Lebih Unggul?

By Ditya / Published on Tuesday, 17 Sep 2013
iPhone 5S vs Xperia Z1
iPhone 5S vs Xperia Z1

Apple telah merilis smartphone andalannya, yakni iPhone 5S yang berbarengan dengan iPhone 5C. Sebelumnya, Sony juga telah merilis smartphone tercanggih mereka, yakni Xperia Z1. Mana yang lebih unggul antara iPhone 5S vs Xperia Z1? Simak ulasan berikut ini.

Layar

iPhone 5S datang dengan layar berukuran 4 inci Retina Display dengan resolusi 1136 x 640 piksel menggunakan panel berteknologi IPS (In-Plane Switching), sama dengan yang digunakan oleh iPhone 5. Apple tamnpaknya tak banyak melakukan perubahan di sektor ini dan harus mengakui keunggulan Xperia Z1.

Xperia Z1 lebih unggul di sektor layart berkat layar berteknologi Triluminos dipadukan dengan teknologi X-Reality dan OptiContrast yang diklaim mampu menyajikan gambar yang lebih natural dan sudut pandang yang luas  dengan ukuran 5 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel.

Chipset & Prosesor

Apple ditenagai oleh prosesor Apple A7 dual-core dengan kecepatan 1,7GHz 64-bit berbasis arsitektur ARMv8 dengan RAM sebesar 1GB. Sektor grafis, iPhone 5S ini juga dibekali dengan pengolah grafis generasi baru, yakni PowerVR SGX seri 6 yang mampu menghasikan performa tinggi.

Sony Xperia Z1 juga termasuk monster yang cukup gahar dengan ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 800 yang mengusung prosesor Krait 400 quad-core dengan kecepatan 2,2GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB dan grafis dari Adreno 330.

Kamera

iPhone 5S datang dengan kamera belakang dengan resolusi 8 megapiksel yang dilengkapi dengan IR filter, True Tone LED flash, sensor BSI (BackSide Illumination), serta aperture f/2.2 mampu menghasilkan performa yang lebih baik ketimbang iPhone 5.

Sony Xperia Z1 ini mengusung kamera yang menggunakan sensor 1/2,3″ Exmor RS dengan aperture f/2.0 yang dikombinasikan dengan sensor 20,7 megapiksel dan lensa Cybershot G 28mm.

Sony juga membekali smartphone kamera canggih Xperia Z1 ini dengan chip pengolah gambar Sony BIONZ dan memiliki kemampuan untuk merekam video resolusi 4K atau Ultra HD. Xperia Z1 tampaknya lebih unggul di sektor ini.

Memori & Baterai

iPhone 5S datang dengan baterai berkapasitas 1570mAh yang diklaim mampu digunakan untuk browsing hingga 10 jam nonstop. Smartphone ini datang dengan tiga pilihan kapasitas memori, yakni 16GB, 32GB, dan 64GB.

Xperia Z1 dibekali baterai berkapasitas 3050mAh, tetapi Android terkenal lebih boros konsumsi baterai ketimbang perangkat iOS. Sektor memori Xperia Z1 unggul berkat memori internal 16GB dan tersedia slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Kesimpulan

Baik iPhone 5S maupun Xperia Z1 menawarkan keunggulan sendiri-sendiri. Bagi pengguna yang menyukai smartphone yang intuitif dan eksklusif, iPhone 5S bisa jadi pilihan. Namun, jika pengguna menginginkan spesifikasi yang gahar dengan layar yang lebih besar, Xperia Z1 merupakan jawaban yang tepat.

iPhone 5S datang dengan fitur pemindai sidik jari, sedangkan Xperia Z1 menawarkan kemampuan tahan air dan debu. Jika dilihat dari harganya, kemungkinan besar iPhone 5S akan dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan Xperia Z1 di pasar Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda