Share

ban-tubeless

Penanganan penambalan ban tubeless berbeda dibanding ban angin kebanyakan. Ada cara tersendiri dan belumbanyak tenaga tambal ban yang mampu menanganinya dengan baik. Untuk tujuan inilah produsen ban Corsa, PT Multistrada Arah Sarana (MASA), kemarin (16/9) memberikan pelatihan cara menambal ban tubeless dengan benar. Pesertanya adalah 50 tenaga tambal ban dan pemilik toko yang dihelat di Tangerang.

Menurut M. Zein Saleh, senior marketing manager MASA, ada perbedaan karakter antara ban tubeless dengan tube type. Penanganan yang salah pada ban tubeless menyebabnya ban ini bakal rusak seiring berjalannya waktu.

Zein menambahkan, ada perlengkapan dan peralatan tertentu yang mesti dipakai. Untuk menambal ban tubeless diperlukan bahan penambal yang bentuknya menyerupai cacing dan alat untuk memasukkan bahan tersebut. Bahan penambal ini dipakai untuk ban tubeless pada sepeda motor. Dikutip Dapur Pacu, peralatan dan bahan tersebut bisa ditemukan pada toko ban.

Cara mengaplikasikannya juga perlu perhatian. Penambal ban mesti jeli melihat posisi menancapnya paku pada ban. Posisi memasukkan bahan penambal ban harus disamakan dengan arah masuknya paku. Sebelum menambal sebaiknya ban sudah diisi angin. Begitu paku dicabut, bisa langsung ditambal dan masih ada sisa angin yang bisa langsung digunakan untuk jalan.

Lebih rincinya, penambal mencabut paku memakai tang. Setelah keluar, masukkan bahan penambal “cacing” ke lubang dengan takaran lebih banyak dari ukuran lubang. Potong “cacing” yang tersisa melebihi permukaan ban. Saat sudah selesai, cek kembali tekanan angin pada ban. Isi angin kembali bila diperlukan.