Scroll to Top

Tips Internet: Google Translate Bisa Buka Situs Terblokir

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 17 Sep 2013

Google TranslateGoogle Translate ternyata tak hanya mahir menerjemahkan, namun juga ‘membuka’ sebuah situs. Diwartakan The Next Web, situs penerjemah Google itu mampu buka situs terblokir. Berikut tips internet sederhananya.

Mengutip dari Reddit, John Russel, pewarta TNW berikan tips praktis bagaimana cara membuka situs yang terblokir. Cara yang ia jabarkan diluar bayangan netizen selama ini.

Umumnya, untuk membuka situs terblokir menggunakan VPN, mengutak-atik proxy, atau manfaatkan situs proxy tertentu. Namun trik internet ini sungguh berbeda.

Ia pergunakan layanan Google Translate. Sebuah situs yang sesungguhnya digunakan untuk menerjemahkan bahasa. Lantas, bagaimana caranya?

Sangat mudah. John Russel mempraktikkannya pada situs Hotspotshield.com – situs VPN – yang diblokir di Thailand. Ia kemudian copy alamat URL situs tersebut dan di-paste-kan di box kiri (bahasa awal) terjemahan Google Transtale. Setelah itu klik Translate atau Terjemahkan.

Sejuruh kemudian situs yang diblokir itu akan bisa dibuka. Namun cara ini berbeda dengan VPN. Trik yang disajikan tak akan bisa membuka situs yang ‘tidak mendukung’. Misalkan situs dengan ‘https’. Sebab, Google Translate tak izinkan terjemahan di situs ‘aman’ tersebut.

Lantas apa kegunaan tips ini? Sesungguhnya cukup banyak. Kita bisa mengakses situs yang belum tersedia di wilayah tertentu atau akses situs yang diblokir dari internet sekolah, kampus, atau kantor.

Namun jangan manfaatkan tips ini untuk hal-hal yang negatif. Penutup, John Russel menambahkan jika penggunaan Google Translate sebagai proxy juga bisa digunakan untuk lolos dari blokir internet sekolah dan kantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda