Scroll to Top

Amuba Pemakan Otak Bisa Masuk Tubuh Lewat Air

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 17 Sep 2013

amuba

Di Louisiana, Amerika Serikat, ditemukan amuba air yang dapat menyebabkan infeksi otak. Makhluk  yang hanya memiliki sel satu ini bisa membunuh korbannya hanya dalam waktu 12 hari sejak terinfeksi. Dikutip Huffington Pos, parasit ini dijuluki amuba pemakan otak dengan nama latin Naegleria fowleri yang masuk ke tubuh dengan perantaraan air.

Kasus kematian terjadi pada pekan lalu yang menyerang anak berusia 4 tahun. Amuba ini telah menjangkiti otaknya dan menyebabkan infeksi berbahaya yang disebut primary amebic meningoencephaliti. Kasus yang sama juga menyerang gadis 12 tahun dari Arkansas bernama Kali Hardig. Namun nyawanya masih tertolong setelah dia kemasukan amuba usai berenang di taman air yang memiliki danau berpasir.

Dugaan kuat mewabahnya amuba pemakan otak ini makin tampak setelah Departemen Kesehatan dan Rumah Sakit Lousiana mendapatkan hasil positif dari pengujian sampel air pada kran air. Dari empat pengambilan sampel air di Violet dan Arabi telah dikonfirmasi adanya amuba yang bersumber dari St Bernard Parish, tenggara New Orleans.

Pemerintah setempat melakukan pembilasan saluran air dengan klorin untuk pencegahan. Klorin diketahui bisa membunuh amuba Naegleria fowleri. Namun untuk menjaga diri dari masuknya amuba ataupun parasit lain ke dalam tubuh, sebaiknya hindari naiknya air ke dalam hidung. Sebab, hal tersebut bisa meningkatkan risiko.

Saran pencegahan lain, usahakan air yang dipakai selalu dalam keadaan bersih. Mengonsumsi air sebaiknya dalam kondisi dimasak. Dan, bila ditemukan informasi di tempat Anda bahwa  amuba ini menyebar di air, waspadai  agar air mentah tidak masuk tubuh terutama melewati hidung.  Hindari pula untuk berenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda