Scroll to Top

Datsun Go+ Dirancang untuk Konsumen Indonesia

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 17 Sep 2013

Datsun-Go-Hatchback-dan-Go+-MPV

Akhirnya Datsun merapat di pasar otomotif Indonesia. Nissan Motor Company merilis dua tipe kendaraan Datsun, yaitu Datsun Go dan Datsun Go+, di Jakarta. Kedua mobil ini akan bersaing di pangsa mobil murah  dan ramah lingkungan yang lagi naik daun belakangan ini. Sebab, Nissan membanderolnya dengan harga di bawah Rp 100 juta.

Datsun Go+ mungkin istimewa dalam peluncuran ini. Tipe tersebut adalah pengembangan dari Datsun Go. Dan Go+ adalah mobil Datsun yang khusus dikembangkan orang-orang Indonesia dengan melibatkan sedikit SDM dari Jepang. Peluncuran untuk Go+ di tanah air ini merupakan untuk pertama kali di dunia. Sekalipun terbilang murah, Go+ tetap memberikan desain dan fitur terkini sesuai kebutuhan konsumen di Indonesia.

“Datsun Go+ akan menciptakan segmen baru sebagai satu-satunya mobil 5+2 MPV di bawah Rp100 juta,” kata Carlos Ghosn, President and Chief Executive Officer Nissan Motor Co., Ltd, dikutip Antara.

Datsun Go+ dibekali dengan mesin 1,2 liter. MPV ini memiliki lima transmisi kecepatan manual. Pemakaian bahan bakarnya diklaim cukup irit. Dalam setiap liternya, mobil dapat digunakan menempuh jarak hingga 20 kilometer.

Dari sisi dimensi, Datsun Go+ memiliki ukuran panjang 3,995 mm, lebar 1,635 mm, dan tinggi 1,485 mm dengan wheelbase 2,450 mm. Kendaraan bisa menampung tujuh penumpang. Sehingga, Datsun Go+ cocok sebagai mobil keluarga.

Salah satu fitur yang ditawarkan adalah Datsun Mobile Docking Station. Dengan fitur ini, smartphone yang dibawa ke dalam mobil bisa diintegrasikan. Ada empat ventilasi AC yang ditempatkan pada dashboard. Bentuknya bulat dan pengontrol yang bulat pula. Meter cluster-nya dibekali dengan speedometer analog berukuran besar.

Di sisi lain, jok depan menyatu dengan headrest. Sabuk keselamatan ditambahkan pada semua jok dan diperkuat dengan seatbelt 3-titik. Jika membutuhkan space lebih lebar, jok baris kedua dan ketiga dapat dilipat.

Dikutip Dapur Pacu, baik Datsun Go maupun Datsun Go+ akan dibuat di pabrik Nissan Purwakarta. Kendaraan ini akan tersedia mulai 2014. Nissan menargetkan pada 2016 produk Datsun bisa berkontribusi terhadap 50 persen penjualan Nissan di tanah air.

foto: iotomotif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda