Scroll to Top

Memori DDR4: Harga Masih Mahal Hingga 2015, Menurut Analis

By Ditya / Published on Wednesday, 18 Sep 2013

DDR4

Memori RAM (Random Access Memory) jenis DDR4 (Double Data Rate 4) yang merupakan penerus dari memori DDR3 ini harganya diperkirakan masih mahal hingga tahun 2015 mendatang. Hal ini disebabkan oleh masih minimnya kapasitas produksi dan permintaan pasar yang belum signifikan.

Fenomena semacam ini memang hal yang biasa terjadi pada masa transisi teknologi memori RAM. Hal yang sama juga pernah terjadi pada saat transisi memori DDR2 ke memori DDR3 di mana saat itu harga memori DDR3 cukup mahal, padahal saat ini memori DDR3 justru lebih murah dari DDR2.

Perusahaan analisa pasar terkemuka, IHS, mengatakan bahwa pihaknya memperkirakan bahwa memori RAM DDR4 memerlukan waktu setidaknya 2 tahun sebelum pengirimannya mencapai 50% dari komoditas DRAM (Dynamic Random Access Memory).

IHS juga menambahkan bahwa pada 1,5 tahun pertama di pasar, memori DDR4 ini baru masuk dan digunakan oleh server dan komputer desktop kelas atas. Saat itu, pengiriman memori DDR4 baru menguasai 25% dari total pengiriman produk DRAM. Pada kuartal ketiga, DDR4 baru mulai didukung oleh pasar yang lebih luas, seperti desktop kelas menengah dan bawah, serta pasar notebook.

DDR4 2

Saat ini baru pasar server saja yang telah mendukung penggunaan memori jenis DDR4. Memori DDR4 sendiri menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan dengan memori DDR3, antara lain adalah kecepatan atau performa yang lebih tinggi dan konsumsi daya yang lebih efisien.

Saat ini hanya terdapat tiga produsen pembuat DRAM, mereka adalah Samsung Electronics, Micron, dan SK Hynix. Sedikitnya jumlah pembuat DRAM ini juga diperkirakan akan membuat persaingan menjadi sedikit lebih longgar, sehingga penurunan harga DDR4 juga akan sedikit lambat.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (17/09/2013), IHS juga mengatakan bahwa kemungkinan besar memori DDR4 baru digunakan oleh masyarakat luas pada awal tahun 2016 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda