Scroll to Top

Ubuntu, Distro Linux Pertama yang Sertakan Firefox 24

By Ditya / Published on Wednesday, 18 Sep 2013
Ubuntu 13.04 Raring Ringtail
Ubuntu 13.04 Raring Ringtail

Ubuntu dipastikan menjadi distro atau distribusi sistem operasi Linux pertama yang menyertakan Firefox 24 yang merupakan browser terbaru besutan Mozilla. Canonical secara resmi telah mengumumkan kehadiran Firefox 24 untuk Ubuntu setelah Mozilla secara resmi meluncurkan browser tersebut.

Canonical mengungkapkan bahwa pihaknya telah memperbarui paket aplikasi browser Firefox 24 dan membuat Ubuntu sebagai distribusi Linux pertama yang mengadopsi browser terbaru besutan Mozilla. Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri, mengingat distro Linux biasanya terbilang lambat dalam mengadopsi browser versi baru.

Browser Mozilla Firefox 24 ini akan tersedia untuk semua versi sistem operasi Ubuntu yang saat ini didukung oleh Canonical, yakni Ubuntu 12.04 LTS (Long Term Support)  Precise Pangolin, Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal, dan yang paling baru adalah Ubuntu 13.04 Raring Ringtail.

Tak hanya itu, Canonical juga menghimbau seluruh pengguna sistem operasi Ubuntu yang didukung tersebut untuk segera melakukan upgrade browser Firefox ke versi Firefox 24 melalui fasilitas Update Manager tool atau Linux Terminal untuk mendapatkan pengalaman dan fitur baru dari Firefox 24.

Firefox 24 sendiri mengusung beberapa fitur baru, antara lain adalah “Close tabs to the right” yang memiliki kemampuan untuk menutup beberapa tab sekaligus dengan hanya satu klik mouse, cukup sederhana dan cepat.

Menu ini dapat diakses dengan melakukan klik kanan pada sebuah tab yang tengah dibuka dan memilih menu Close tabs to the right untuk menutup semua tab yang berada di sisi kanan dari tab yang tengah dibuka. Fitur ini cukup bermanfaat bagi pengguna yang sering browsing dengan menggunakan banyak tab.

Fitur lain yang ditawarkan oleh Firefox 24 adalah kemampuan untuk memisahkan jendela chatting agar dapat berdiri sendiri, sehingga pengguna melihatnya secara terpisah. Penggunaan fitur ini cukup mudah, pengguna hanya cukup melakukan drag pada chatting window keluar dari window utama.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (17/09/2013), browser yang baru saja berganti logo ini juga datang dengan pelbagai perbaikan aksesibilitas, bug, dan performa. Firefox 24 juga datang dengan perbaikan kemampuan render SVG untuk meningkatkan pengalaman browsing pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda