Scroll to Top

Twitter Diserbu Spam, Kali Ini Masuk Lewat List

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 18 Sep 2013

Twitter

Pengguna Twitter kini harus disibukkan dengan serangan spammers yang masuk lewat ‘pintu’ baru. Spam, kini mengincar Twitter List. Seperti apa?

Twitter List adalah fitur filter untuk menyaring kicauan dari pengguna tertentu. Pengguna bisa membuat timeline baru dengan aliran tweet dari pengguna terpilih.

Misalkan saja membuat daftar (list) teman dekat yang berisi pengguna-pengguna terdekat. Ini berarti list yang ada aliran kicauannya sangat berbeda dengan timeline utama.

Nah pola baru dalam serangan spammers kali ini tidak menyerang list yang dibuat pengguna. Mereka memanfaatkan pengguna untuk di-list-kan dalam daftar yang telah disiapkan sebelumnya.

Misalkan saja pengguna tiba-tiba saja mendapat pemberitahuan jika telah dimasukkan dalam list tertentu. Karena penasaran dengan list ini maka ia membuka daftar tersebut.

Pada list itu ternyata berisi akun-akun spammers. Dan setelah dibuka tentu saja isinya kicauan spam yang memancing ketertarikan pengguna dengan tautan menarik yang disematkan. Inilah yang dilirik spammers.

Sebelumnya, spammers menyerang pengguna via Direct Message. Namun kini cara tersebut telah umum diketahui pengguna. Itulah mengapa mereka menyerang dengan teknik baru.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika username kita masuk di list tersebut? Pertama, jangan buka list yang menyematkan Anda. Abaikan saja tak perlu ambil pusing.

Kedua, lihat pemberitahuan yang ada dan cari tahu siapa yang menambahkan Anda di list tersebut. Kemudian klik aja tombol ‘Report as spam’ untuk laporkan ke ‘satpam’ akan kejadian ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda