Scroll to Top

Seluruh Harga Produk Lenovo Bakal Naik 20% Lebih Mahal

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 18 Sep 2013

laptop

Fluktuasi nilai rupiah terhadap dolar Amerika berikan dampak cukup signifikan pada bisnis elektronik khususnya komputer. Lenovo, salah satu market leader di Asia berencana akan naikkan harga 20% lebih mahal di semua lini produknya.

Mulai dari notebook, komputer desktop, hingga smartphone dan tablet Lenovo bakal alami penyesuaian harga. Tak hanya Lenovo, meningkatnya nilai dolar juga berimbas pada banyak perusahaan multinasional yang berbisnis di Indonesia.

Sandy Lumy, Chief Operating Officer Lenovo Indonesia berujar pada Detik jika Lenovo memang miliki rencana akan naikkan harga antara 10% hingga 20%. Namun ia enggan berikan bocoran kapan penyesuaian harga itu mulai diberlakukan.

Ada kemungkinan Lenovo masih berhati-hati untuk lakukan kebijakan itu. Mereka akan memantau pasar sebelum terapkan kebijakan yang memang patut disayangkan.

Terkini, menurut data dari Bank Indonesia, nilai dolar terhadap rupiah masih menyentuh angka Rp 11.549 per 1 USD. Data tersebut per Rabu, 18 September 2013.

Pada bulan Agustus lalu, sejumlah pemilik toko laptop di Pasar Glodok Jakarta Pusat berujar jika kenaikan harga ‘komputer jinjing’ memang melonjak antara 10% hingga 20%. Kenaikan tersebut bahkan sudah dimulai sejak nilai rupiah melemah pada pekan-pekan sebelumnya.

Ahua, salah satu penjual waktu itu berujar jika kenaikan harga di angka antara Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu. Pelbagai toko laptop di Glodok bukan pengimpor, mereka hanya mengambil dari suplier.

Harga dari suplier sendiri telah alami kenaikan. Ini mau tak mau membuat mereka untuk terpaksa menaikkan harga jual laptop yang ditawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda