Scroll to Top

Punya Berat Badan Berlebih Berdasarkan BMI, Belum Tentu Buruk

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 19 Sep 2013

gendut

Saat ini Body Mass Index (BMI) atau indeks berat tubuh dijadikan sebagai patokan untuk menentukan berat badan yang ideal. BMI diklasifikan dengan beberapa kriteria mulai dari kurang berat badan, berat badan normal, hingga obesitas. Namun, asumsi bahwa BMI merupakan kriteria yang paling tepat untuk mendapatkan berat badan normal, disanggah oleh peneliti dari Parelman School of Medicine.

Dikutip dari Genius Beauty, BMI didapatkan dari angka yang dihitung menurut tinggi badan dan rasio berat. Termasuk di dalamnya adalah penghitungan persentase parameter lemak tubuh dan yang lainnya, seperti distribusi lemak tubuh, proporsi otot dan lemak, hingga perbedaan jenis kelamin.

Hanya saja, menurut peneliti, angka pasti yang tampak jelas dalam penghitungan BMI tersebut sebenarnya tidak sesederhana dalam penyikapannya. Dalam beberapa kasus, orang yang memiliki berat badan lebih  tinggi diketahui juga memiliki keunggulan dalam mencegah penyakit.

Peneliti mencontohkan, orang yang mempunyai BMI lebih tinggi memiliki risiko lebih kecil terkena penyakit kardiovaskular. Mereka juga memiliki profl metabolik yang lebih baik dibanding orang yang memiliki berat badan ideal. Temuan seperti ini seakan sedikit membantah bahwa obesitas jenis apapun berbahaya kesehatan.

Untuk mengetahui sejauhmana lebih lanjut metbolisme pada orang yang memiliki kelebihan berat badan, menurut peneliti masih memerlukan studi lanjutan pada tingkat molekuler. Hal ini bukan lantas menjadi pembenaran bahwa tidak masalah memiliki tubuh obesitas. Pasalnya, peneliti masih meyakini timbunan lemak berlebih dalam tubuh bisa menimbulkan efek kurang baik pada kesehatan dan kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda