Scroll to Top

BBM for Android dan iPhone Bisa Diunduh Gratis atau Bayar?

By Ibnu Azis / Published on Friday, 20 Sep 2013

BBM Messenger Android iOS

BBM for Android dan iPhone akan segera dirilis. Pengguna kedua OS beken ini tak lama lagi bakal menikmati aplikasi Blackberry Messenger yang melegenda itu. Pertanyaannya selanjutnya, apakah aplikasi BBM di Android dan iPhone masuk kategori gratis atau berbayar?

Pada Kamis kemarin di perhelatan BBM for Everyone di Jakarta, pihak Blackberry sempat berujar jika aplikasi BBM-nya bisa diunduh gratis di Google Play dan App Store. Jika memang gratis, adakah syarat dan ketentuan lain?

Kita ambil contoh misalnya WhatsApp. Aplikasi pesan instan ini memang bisa diunduh gratis di Android dan iOS. Namun, masa gratis itu hanya dalam tempo 12 bulan saja. Selanjutnya, pengguna harus membayar biaya tertentu.

Berbeda dengan WhatsApp, BBM Android dan iPhone tidak miliki ‘pajak’ bulanan atau tahunan. Yang harus dibayar oleh pengguna adalah biaya internet untuk paket data.

Sedangkan paket datanya sendiri tak ada yang berbeda dengan paket data yang digunakan selama ini oleh pengguna Android dan iPhone. Maksudnya, pengguna tak perlu berlangganan paket data khusus Blackberry atau BlackBerry Internet Services (BIS).

Berlangganan satu paket data saja, misalnya unlimited satu bulan, sudah bisa digunakan untuk BBM. Jadi, BBM seperti halnya aplikasi pesan instan biasa di Android dan iPhone yang tidak memerlukan paket khusus. Pengguna tak harus mendaftar paket-paket tertentu.

BBM di Android resmi dirilis pada Sabtu, 21 September 2013 jam 18.00 WIB. Sedangkan untuk iPhone pada keesokan harinya yakni pada Minggu, 22 September 2013 jam 01.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda