Scroll to Top

Hiroshi Yamauchi: Tokoh di Balik Nintendo & Super Mario Meninggal

By Ibnu Azis / Published on Friday, 20 Sep 2013

Hiroshi Yamauchi

Dunia game berduka. Salah satu legenda jagat industri ini telah tiada. Ia adalah Hiroshi Yamauchi, sosk di balik Nintendo dan Super Mario. Ia meninggal dalam usia 85 tahun.

Sosok Hiroshi Yamauchi begitu dihormati sebab ia mampu mengubah Nintendo dari perusahaan keluarga ke tingkat dunia. Bahkan ia dulunya hanya dikenal sebagai pembuat permainan kartu.

Lahir pada 7 November 1927 di Kyoto, Jepang, Hiroshi Yamauchi sempat menimba ilmu di Wasaneda University (dropped out). Ia beristri Michiko Inaba dan miliki tiga orang anak. Kekayaannya ditaksir mencapai USD 2,5 miliar (2012).

Hiroshi Yamauchi miliki andil sangat besar akan transisi Nintendo dari perusahaan kecil penghasil kartu menjadi raksasa penghasil game. Ia juga di balik keluaran produk mutakhir Nintento Entertainment System (NES), Game Boy, Nintendo 64, dan GameCube.

Pria terkaya nomor 13 versi Majalah Forbes Jepang ini juga bertanggung jawab dalam menghasilkan beberapa game kondang kenamaan. Sebut saja Super Mario, Donkey Kong, dan The Legend of Zelda.

Pada tahun 1992, ia sempat membeli Liga Utama tim Baseball Seattle Mariner karena tim tersebut alami masalah finansial. Namun kini tim tersebut telah diambil alih oleh perusahaan Nintendo Amerika.

Hiroshi Yamauchi meninggal hanya selang dua hari dari anggota keluarga pendiri Toyota, Eiji Toyoda. Lusa sebelumnya, ia meninggal di usia 100 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda