Scroll to Top

Ubuntu Touch OS Dirilis 17 Oktober 2013

By Ditya / Published on Friday, 20 Sep 2013
Ubuntu Touch OS
Ubuntu Touch OS

Setelah gagal dengan smartphone Ubuntu Edge, Canonical tidak patah semangat dengan sistem operasi Ubuntu Touch OS yang menyasar perangkat tablet dan smartphone. Perusahaan yang dipimpin Mark Shuttleworth ini mengumumkan bahwa Ubuntu Touch OS akan diluncurkan pada 17 Oktober 2013.

Sistem operasi Ubuntu Touch OS akan diluncurkan pada 17 Oktober 2013 dan akan tersedia untuk perangkat Nexus, sebut saja Samsung Galaxy Nexus, Nexus 7, Nexus 4, tablet Nexus 10, dan kemungkinan tablet Nexus 7 generasi kedua. Selain Ubuntu Touch OS, Canonical juga akan merilis Ubuntu 13.10 bulan depan.

Sebelumnya Canonical meluncurkan proyek smartphone Ubuntu Edge yang merupakan smartphone dengan sistem operasi Ubuntu Touch OS di situs crowdfunding IndieGoGo dengan target US $32 juta. Sayangnya, proyek Ubuntu Edge ini terhenti hingga saat ini.

Meski demikian, Canonical tetap melanjutakan pengembangan Ubuntu Touch OS dan kini telah diumumkan tanggal rilisnya. Ubuntu Touch OS menawarkan fleksibilitas dan integrasi yang kuat dengan sistem operasi Ubuntu versi desktop, sehingga memungkinkan smartphone menjalankan aplikasi desktop Ubuntu.

Tak hanya itu, sistem operasi Ubuntu Touch OS ini juga datang dengan tampilan antarmuka yang menawan khas sistem operasi Ubuntu Linux dengan menu-menu yang intuitif. Ubuntu Touch OS juga memiliki kemampuan untuk terhubung dengan layar yang berukuran lebih besar melalui konektivitas MHL atau kabel HDMI.

Saat ini pengembang dan pengguna yang telah menggunakan Ubuntu Touch OS versi Developer terus melakukan pengembangan dan memecahkan bug-bug yang ditemukan.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (19/09/2013), sistem operasi Ubuntu Touch OS ini akan meramaikan pasar tablet dan smartphone bersama dengan sistem operasi baru lainnya, seperti Firefox OS dan Jolla Sailfish OS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda