Vietnam vs Laos: 1-0, Lawan Indonesia di Jadwal Final AFF U19 2013

Vietnam

Vietnam akan menjadi lawan Indonesia pada final AFF U19 2013. Juara Grup B ini memastikan diri lolos ke partai puncak pada Minggu 22 September 2013 setelah sukses membekap Laos dengan skor 1-0 via gol Nguyen Cong Phuong.

Berbekal hasil sempurna dari lima pertandingan di babak penyisihan —meraih 5 kemenangan dan mencetak 15 gol— Vietnam justru mencapai anti klimaks di babak pertama. Laos, yang pada Jumat sore, 20 September 2013 mengenakan seragam biru-biru malah terlihat lebih impresif pada paruh pertama.

Keadaan tidak terlalu berubah di babak kedua. Laos lebih banyak menekan dan merepotkan pertahanan Vietnam. Namun, bukan berarti Vietnam lantas berdiam diri. Mereka juga beberapa kali menguji kiper lawan.

Lalu menit 74, kebuntuan pecah. Nguyen Cong Phoung memanfaatkan umpan satu dua yang membuat kiper dan bek Laos salah mengantisipasi gerakannya, lalu dengan jitu ditembaknya bola ke gawang yang kosong. 1-0.

Pasukan Grachen Guillaume berhasil mengamankan skor hingga pertandingan berakhir. Sekaligus menjadi satu-satunya tim yang belum ternoda bahkan oleh hasil seri sepanjang gelaran AFF U19.

Berbeda dengan Indonesia yang untuk pertama kalinya menembus final sejak AFF Youth Championship diadakan pada tahun 2002, Vietnam pernah mengecap manisnya masuk partai puncak.

Mereka dua kali berpotensi menjadi jawara ASEAN. Pada percobaan pertama di tahun 2007, kala bermain di kandang sendiri, Vietnam sukses membungkam Malaysia 1-0 untuk merebut satu-satunya gelar mereka sejauh ini.

Akan halnya pada final AFF U19 dua tahun lalu, Vietnam harus menelan pil pahit. Menghadapi Thailand, mereka tumbang via drama adu penalti.

Nah, kali ini, dalam kesempatan ketiga, mampukah tim merah-merah ini menundukkan Garuda Muda? Atau, Indonesia U19 yang membuktikan ketangguhan mereka?

Komentar Anda

Leave A Response