Scroll to Top

Sinabung Tak Lagi Berbahaya, Pengungsi Boleh Pulang Tanggal 22 September

By C Novita / Published on Saturday, 21 Sep 2013

gunung sinabung meletus

Bencana meletusnya Gunung Sinabung yang terjadi pada hari Minggu 15/09/2013 lalu menyebabkan ribuan pengungsi harus menjauhi lokasi berbahaya tersebut.

Asap panas dan abu vulkanik yang membahayakan kesehatan dan keselamatan masyarakat yang berdiam di sekitar gunung menyebabkan jumlah pengungsi mencapai hingga 15.691 jiwa. Tercatat ada 23 lokasi pengungsian yang dipersiapkan pemerintah untuk menampung mereka.

Dilansir oleh Detik, beberapa kali gempa vulkanik yang menyertai meletusnya gunung Sinabung hingga hari ke 5 masih saja terasa. Sementara asap putih yang keluar dari kawah gunung tersebut juga terlihat masih mengepul dengan ketinggian 50 meter.

Namun letusan besar sudah tak lagi dimuntahkan oleh gunung yang letaknya di dekat Kabupaten Karo, Medan, Sumatra Utara tersebut.

Masa tanggap darurat untuk letusan Sinabung kali ini diperkirakan akan berakhir tanggal 22 September. Itu artinya bila keadaan sudah memungkinkan, maka masyarakat yang saat ini masih ada di pengungsian boleh kembali pulang ke rumah masing-masing.

Hal tersebut dikuatkan dengan pernyataan kepala BNPB Syamsul Maarif:

“Kalau memang daerah sudah tak berbahaya. Silakan kembali, maka akan lebih terjaga kesehatannya,” katanya seperti dikutip dari laman Detik.

Keadaan di pengungsian yang seadanya memang kurang baik bagi kesehatan bayi, balita dan anak-anak yang butuh tempat dan fasilitas yang lebih nyaman serta lengkap. Akibatnya, kesehatan mereka menurun dan banyak diserang penyakit diare dan ISPA.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda