Scroll to Top

iPhone 5S: Apple A7 Dibuat oleh Samsung

By Ditya / Published on Saturday, 21 Sep 2013
Apple A7
Apple A7

Beberapa waktu lalu kita sempat mendengar kabar bahwa Apple memutuskan tidak lagi menggandeng Samsung untuk memasok prosesor untuk produk besutannya. Namun kenyataan tampaknya berkata lain, prosesor Apple A7 yang digunakan oleh smartphone iPhone 5S ini masih dibuat oleh Samsung.

Kabar “perceraian” antara Apple dan Samsung tampaknya belum menjadi kenyataan dan prosesor Apple A7 yang masih dibuat oleh Samsung ini adalah bukti bahwa produsen asal Korea Selatan ini masih “setia” memasok komponen untuk produk Apple, termasuk prosesor.

Seperti yang kita ketahui, Apple A7 adalah prosesor dual-core dengan kecepatan 1,3GHz yang telah mendukung arsitektur ARMv8 64-bit yang dipadukan dengan pengolah grafis generasi baru yang mumpuni dari PowerVR SGX G6430.

Meski Apple A7 hanyalah prosesor dual-core, tetapi performa yang dihasilkan cukup tinggi dan bahkan mengalahkan prosesor quad-core yang digunakan oleh Android di beberapa benchmark. Hal ini tak terlepas dari optimasi yang dilakukan oleh Apple terhadap arsitektur prosesor A7.

Baru-baru ini Chipworks dan iFixit membongkar iPhone 5S untuk menganalisa komponen-komponen smartphone tersebut. Chipworks mengungkapkan bahwa prosesor Apple A7 ini dibuat oleh samsung dengan menggunakan teknologi proses 28nm HKMG, teknologi yang juga digunakan pada Exynos 5 Octa.

Sedangkan co-processor Apple M7 dibuat oleh sebuah produsen bernama NXP yang di dalamnya terdiri dari chip NXP LPC18A1 yang merupakan bagian dari chip NXP LPC1800. Apple M7 ini menangani banyak tugas, sebut saja sensor gyroscope, accelerometer, compass, dan banyak lagi.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (20/09/2013), selain chip Apple A7 dan Apple M7, juga diketahui sensor kamera yang digunakan oleh iPhone 5S. Smartphone iPhone 5S ini menggunakan sensor kamera teknologi terbaru buatan Sony.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda